Cara Membuat Website Dengan Handphone Android - Tutorial Blogger.com

Tutorial membuat website melalui handphone Android dengan memanfaatkan Blogger.com

Tahukah kamu kalau Blogger.com sekarang sudah mobile-friendly? Artinya, kamu bisa membuat sebuah webite melalui handphone Android tanpa perlu mengistall aplikasi atau APK! 

Cukup gunakan Chrome atau mobile browser lainnya di HP Android kamu untuk mengakses Blogger.com dan kamu bisa membuat website gratis dengan loading speed yang cepat.

Untuk menggunakan Blogger, kamu tidak perlu memiliki pengalaman atau pun pemahaman yang mendalam tentang bahasa pemrograman. 

Walaupun kalian tidak memiliki komputer atau laptop, kalian tetap bisa memanfaatkan Blogger.com melalui HP Android untuk membuat sebuah situs yang bisa diakses oleh pengguna dari berbagai penjuru dunia.

Baca juga: Mengevaluasi Kualitas Artikel Agar Situs Blogger Tak Sepi Pengunjung

 

Perbandingan Blogger yang dulu dan sekarang

Dulu, untuk menggunakan Blogger.com melalui handphone Android, kamu harus memasang aplikasi yang bisa di unduh di play store. Sebelumnya, jika kamu mengakses Blogger.com langsung dari browser, tampilan website tersebut sama sekali tidak mobile-friendly dan sangat susah digunakan. 

Sekarang, Blogger.com terlihat lebih modern dan sangat cocok digunakan oleh pengguna handphone. Kalian bisa membuat website, mengedit HTML, dan menerbitkan artikel melalui handphone.

Migrasi Blogger dari tampilan lama ke tampilan baru sudah dimulai sejak Mei lalu dan selesai pada pertengahan September 2020. Mulai bulan ini, semua pengguna Blogger dipastikan telah menggunakan tampilan baru yang mobile-friendly. Sementara itu, tampilan lama (legacy) sudah tidak bisa di akses lagi.


Langkah-langkah membuat website melalui HP Android

Platform blogging gratisan ini sangat cocok digunakan untuk membuat website demi keperluan pribadi maupun bisnis. Karena Blogger.com sekarang bisa diakses langsung melalui  HP Android, kamu bisa membuat dan mengelola website di mana pun dan kapan pun. 

Sebelum kamu mulai membuat website, pastikan HP memiliki fitur sebagai berikut:

  1. Handphone Android (semua model).
  2. Chrome atau browser Android lainya.
  3. Koneksi internet, minimal 3G agar loadingnya cepat.
  4. Alamat email dari Gmail.

Untuk membuat website atau pun blog dengan handphone Android, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Kunjungi https://www.blogger.com/about/ kemudian klik BUAT BLOG.

Membuat website dari Blogger.com

Kemudian kamu akan disuruh untuk memilih akun email yang akan digunakan sebagai akun Blogger. Setelah itu, lanjut ke langkah kedua.


2. Beri nama blog/website

Kamu bebas menamai website yang akan kamu buat. Nama tersebut bisa diganti kapan pun setelah proses pembuatan blog selesai. Nama website maksimal terdiri dari 100 karater. Pilihlah nama yang unik. Setelah itu klik NEXT untuk melanjutkan proses pembuatan website melalui HP Android.

Pilih Nama Blog untuk Blogger

Pada contoh di atas, Admin memilih Portofolio OMU. Pilih SKIP jika kamu ingin menunda penamaan blog tersebut.


3. Pilih alamat website

Langkah ini sangat penting karena orang lain akan menggunakan alamat website yang kamu pilih untuk mengakses situs yang telah dibuat. 

Alamat website harus beda dengan yang lainnya. Karena kamu menggunakan Blogger, kamu akan diberi alamat website yang berdomain blogspot. 

Kamu cukup memilih nama subdomain yang unik dan yang kamu sukai. Jika nama subdomain tidak unik, Blogger akan meminta kamu untuk memilih nama yang lain.

Nama subdomain bebas, namun sebaiknya pilih yang orisinil, pendek, dan mudah diingat.

Format alamat website kamu akan menjadi seperti ini: https://namasubdomainunik.blogspot.com. 

Contohnya, Admin memilih https://omukarya.blogspot.com. Selanjutnya klik Next.

alamat website Blogger

Jika kamu ingin menghilangkan domain blogspot dari alamat website Blogger (seperti website https://omu.my.id), kamu harus membeli Top Level Domain. Simak artikel berikutnya untuk mempelajari cara mengganti domain website!


4. Nama profile admin website

Kamu bebas memilih nama profile admin website yang telah kamu buat. Kamu bisa memilih "Admin", nama pribadi, atau sama seperti nama subdomain. Nama ini nantinya akan ditampilkan sebagai nama author/penulis blog. Kamu bisa mengubah nama display profile Blogger kapan pun.

Nama display Blogger

Sebagai contoh, Admin memilih OmuKarya sebagai nama display blog tersebut. Setelah itu klik Finish. Website atau blog kamu telah selesai dibuat dan bisa langsung diakses.

 

5. Membuat postingan/artike website melalui HP Android

Kamu bisa memilih New Post atau klik tombol merah di pojok kanan bawah untuk membuat artikel baru. Simak video berikut ini:

Setelah kamu klik Publish (tombol oranye di kanan atas editor), artikel kamu akan ditampilkan langsung di website yang telah kamu buat.

Baca Juga:  Cara Agar Postingan Blog Muncul di Google


6. Mengganti Tampilan Website

Kamu bisa mengganti tampilan website dengan memilih tema yang telah disediakan atau memasang tema dari pihak ketiga. Kalau kamu tertarik untuk menggunakan tema Blogger gratisan yang bisa di install relatif cukup mudah dari handphone, Admin merekomendasikan Fiksioner.

Selain itu, kamu juga bisa mengganti tata letak website melalui fitur Layout. Kamu bisa menambah atau mengurangi fitur-fitur website.

mengubah tema blogger dari hp android

Intinya, kamu bebas untuk melakukaan personalisasi tampilan website sesuai dengan selera kamu. Perubahan tampilan website tidak akan mempengaruhi isi website. Jadikan website kamu terlihat unik dan beda dengan yang lainya!


Manfaat Menggunakan Blogger.com Melalui HP Android

Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membuat website melalui Blogger.com. Mengelola website ternyata tidak terlalu sulit dan bahkan bisa dilakukan melalui handphone kalian. Website berbasis Bloggermemiliki berbagai manfaat positif seperti berikut ini:

 

Toko Online Untuk UMKM

Bagi pengusaha kecil dan menengah, kamu bisa menggunakan Blogger untuk membuat toko online sederhana. Karena Blogger tidak berbayar, pengusaha kecil tidak perlu khawatir dengan biaya! Promosikan produk kalian melalui postingan Blogger.

Pengusaha kecil tidak perlu pusing memikirkan biaya pembuatan website dan hal-hal teknis lainya karena Blogger itu gratis dan simpel.


Portofolio Online

Blogger mudah digunakan dan gratis. Oleh karena itu, semua orang bisa memanfaatkan sarana ini untung mempromosikan diri di dunia maya. 

Karena sekarang sudah serba online, ada baiknya jika kalian juga memiliki sebuah website yang menyajikan hasil karya kalian. Blogger.com bisa digunakan untuk menampilkan portofolio!

 

Jangkauan Luas

Website yang dibuat melalui Blogger bisa muncul di halaman hasil pencarian Google. Tidak seperti sosial media yang terbatas dan bersifat personal, Blogger bisa diakses oleh masyarakat umum dan terlihat lebih profesional.

Agar artikel website kalian bisa muncul di Google, gunakanlah Search Console.

 

Mobile Blogging

Bagi kalian yang suka traveling, mobile-friendly Blogger memungkinkan kalian untuk membuat artikel walaupun sedang dalam perjalanan.  Tidak perlu membuka laptop, cukup akses Blogger dan tulis artikel melalui HP.

Blogger.com juga cocok bagi pelajar yang ingin memanfaatkan waktu senggangnya untuk berbagi tulisan. Kalian bisa membuat artikel pendek di sela-sela kesibukan belajar. Berlatih menulis dengan memanfaatkan Blogger akan sangat berguna di masa depan.


Latihan Mengelola Website

Blogger merupakan sarana untuk membuat website yang paling sederhana. Layanan ini memiliki fitur-fitur basic yang mudah dipahami. Selain itu, kamu bisa juga belajar HTML basic di Blogger. Jika kamu tertarik untuk bekerja di bidang IT, manfaatkan Blogger sebagai modal awal untuk mengelola website.


Kesimpulan

Tahukah kamu kalau Blogger merupakan salah satu produk Google? Jadi kalian tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan Blogger karena Google merupakan persuahaan teknologi terbesar di dunia. 

Manfaatkan handphone Android kalian untuk membuat website. Jangan hanya gaming saja, mari kita berkarya!

Apakah kamu menemui kesulitan dalam proses pembuatan website melalui HP Android? Tinggalkan komentar di bawah!

Baca juga: Cara Menggunakan Google Question Hub Untuk Meningkatkan Rangking Blogger