Cara Aktivasi Akun AdSense Dengan Domain Gratis Blogspot

Blogger memberikan kita kesempatan untuk melakukan monetisasi artikel melalui AdSense. Kita bisa mengaktifkan Akun AdSense dengan domain Blogspot!
Taukah kamu kalau kita bisa medapatkan uang hanya dengan menulis di blog tanpa mengeluarkan biaya sama sekali? Blogger adalah platform blogging gratisan yang spesial karena bisa dimonetisasi melalui AdSense.

Blogger dan AdSense merupakan layanan yang dimiliki oleh Google. Kedua layanan tersebut bisa digunakan oleh semua orang dan 100% gratis.

Secara default, Blogger menyediakan domain gratis bernama blogspot.com. Kamu akan diberi kesempatan untuk memilih nama subdomain unik yang kamu sukai. Penulis memiliki blogspot yang sudah diterima oleh AdSense yang bernama SofanMax.

blogspot adsense daftar

Untuk mendaftar AdSense dengan domain blogspot, perlu cara khusus. Simak langkah-langkah berikut ini!

Cara Monetisasi Blogger Gratisan


Ketika kamu membuat akun AdSense untuk pertama kalinya, kamu akan diminta untuk memasukan URL root/naked domain website yang akan dimonetisasi. Root domain adalah alamat website tanpa subdomain, misalnya https://example.com.

Sedangkan, alamat Blogger gratisan mengandung subdomain, misalnya https://example.blogspot.com. Kalau kamu mencoba menggunakan alamat Bloggermu untuk membuat akun langsung dari laman pendaftaran AdSense, kamu akan diberi peringatan seperti gambar di bawah ini:

Mendaftar AdSense dengan domain blogspot terbaru

Artinya blog kamu masih belum qualified. Jika kamu menggunakan Blogger tampilan jadul, kamu tidak boleh mendaftarkan blog gratisan secara langsung dari laman AdSense. Kamu harus mendaftar melalui akun Bloggermu. Ikuti langkah berikut ini:
  • Buka control panel Blogger.
  • Pilih Earnings.
  • Pilih Sign up to AdSense.
  • Pilih Accept Asociation atau terima asosiasi.
  • Baca Term of Service AdSense, kemudian pilih Accept.
  • Konfirmasi kalau Blogger telah terhubung ke AdSense melalui widget.
  • Tunggu hingga sekitar 2 minggu untuk mendapatkan email aktivasi dari AdSense.
  • Jika blog kalian ditolak, perbaiki konten.
  • Masuk ke akun AdSense, konfirmasi kamu telah memperbaiki pelanggaran.
  • Request review ulang.
  • Kalau blog diterima, akun AdSense otomatis teraktivasi.
Setelah akun AdSense berhasil diaktivasi, kamu bisa menambahkan iklan di postingan.

Perlu diketahui tidak semua domain blogspot bisa digunakan untuk aktivasi AdSense. Hanya alamat blogspot yang memenuhi syarat tertentu saja bisa dimonetisasi. Jika blog kalian belum memenuhi syarat, tombol untuk daftar AdSense di Earnings tidak akan muncul.

Kalian sekarang bisa menggunakan fitur "Add Site" untuk menambahkan domain blogspot lainya langsung kedalam akun AdSense yang telah aktif tanpa perlu menunggu kualifikasi.

Tapi ingat, fitur tersebut hanya bisa digunakan jika akun AdSense telah teraktivasi. Jika kamu ingin menggunakan domain blogspot untuk aktivasi akun, kamu masih harus menunggu agar blog tersebut terkualifikasi.

unqualified blogspot
Blogger dan AdSense sendiri tidak memberikan waktu atau syarat yang jelas agar blog bisa qualified. Kadang butuh waktu hingga enam bulan. Namun, penulis pernah mempunyai pengalaman kalau blog bisa digunakan untuk mendaftar AdSense setelah aktif melakukan blogging selama setidaknya sebulan.

Agar blog gratisan kalian bisa cepat qualified, caranya begini:

  • Rajin posting kontent artikel, minimal seminggu sekali.
  • Pastikan artikel original dan setidaknya memiliki 500 kata, semakin panjang semakin bagus!
  • Pastikan topik artikel tidak menyalahi Google Publisher Policies.
  • Gunakan tema Blogger yang responsive.
  • Buat menu navigasi, kategorikan postingan kalian dengan label.
  • Buat halaman penunjang seperti About Me dan Contact.
Jika kalian tidak sabar menunggu blogspot gratisan untuk memenuhi syarat AdSense, belilah custom domain dan pasang domain tersebut di Blogger. Kalian bisa langsung mendaftar ke AdSense dengan custom domain tersebut.

Kapan bisa gajian dari AdSense for Blogger?


Setelah akun AdSense diaktifkan, kalian mulai mendapatkan penghasilan dari iklan. Ketika saldo penghasilan mencapai Rp130.000 AdSense akan meminta kalian untuk melakukan tiga macam verifikasi..

Kalian perlu memverifikasi identitas (KTP atau SIM), alamat (PIN), dan rekening bank (Transfer). Setelah proses verifikasi selesai, akun AdSense kalian sudah 100% bisa digunakan untuk menerima gajian. Kalian bisa menarik uang penghasilan iklan setelah saldo mencapai Rp1.300.000.

Bagi kalian yang baru saja berhasil mengaktivasi akun AdSense, pendapatan iklan mungkin tidak seberapa awalnya. Namun, penghasilan tersebut akan terakumulasi, dan mungkin kalian bisa gajian setelah beberapa bulan. Anggap saja pemasukan tersebut sebagai gaji ketigabelas hasil hobi blogging, hehe.

Kalau kalian ingin gajian rutin, alias menjadikan blogging sebagai pekerjaan utama, kalian perlu melakukan riset yang lebih mendalam dan jangan hanya mengadalkan blog gratisan.

Kenapa proses pendaftaran AdSense memakan waktu panjang?


Proses pendaftaran AdSense dengan domain blogspot memang tidak simple. Prosesnya juga tidak instan dan relative lebih lama dibandingkan dengan blog yang memiliki custom domain. Hal ini disebabkan karena kita harus menunggu hingga blog gratisan tersebut memenuhi syarat.

AdSense memang memiliki proses pendafataran yang rumit agar pendapatan iklan tidak jatuh di tangan penipu. Persyaratan yang ketat juga akan membuat kalian termotivasi untuk meningkatkan kualitas blog.

Apa kelebihan AdSense di Blogger dibandingkan dengan YouTube?


Walaupun agak rumit, mendapatkan AdSense memlalui Blogger masih jauh lebih mudah dibandingkan dengan mendapatkan AdSense melalui YouTube.

Agar kalian bisa melakukan monetisasi channel YouTube, syaratnya cukup berat. Channel kalian harus minimal memiliki 4000 jam tayang selama 12 bulan dan 1000 subscribers. Selain itu, skill dan peralatan  untuk edit video mungkin tidak dimiliki oleh semua orang

Monetisasi jauh Blogger lebih mudah karena kalian hanya perlu membuat tulisan. Blogging melalui handphone pun bisa dilakukan kapan saja. Luangkan waktu 1-2 jam perhari untuk menulis. Kurang dari setahun, kalian bisa mendapatkan akun AdSense melalui blogspot!