Mengenal Pencil Fish! Ikan Hias Aquascape Mungil Yang Jarang di Kenal

Ikan Pensil merupakan ikan hias aquascape yang masih jarang dikenal. Ikan ini memiliki keindahan warna, bentuk tubuh, dan karater yang menarik!

Pencil Fish, atau ikan Pensil, merupakan jenis ikan hias mungil yang cocok untuk dipelihara dalam aquascape. Ikan ini masih terbilang masih kurang dikenal dikalangan penghobi. Padahal, Pencil Fish memiliki kecantikan yang tidak kalah dengan ikan hias lainnya.

Seperti namanya, Pencil Fish memang berbentuk kecil memanjang seperti pensil mini. Pada umumnya, Pencil Fish dapat tumbuh sepanjang 3-7 cm. Bentuknya yang unik dan ukurannya yang mungil membuat ikan ini terlihat menggemaskan, terutama di dalam aquascape yang ukurannya nano atau medium.

ikan pensil aquascape
Nannostomus eques

Selain bentuknya yang unik, Pencil Fish juga memiliki corak warna yang cukup beragam, tergantung dengan spesiesnya. Biasanya, Pencil Fish memiliki garis hitam dan putih di sepanjang badannya. Beberapa jenis ikan Pensil juga memiliki garis berwarna merah dan keemasan.

Pencil Fish tergolong kedalam genus Nannostomus. Dalam bahasa yunani dan latin, "nanos" memiliki arti kecil dan "stomos" berarti mulut. Ikan Pensil memang dikenal sebagai ikan yang bermulut kecil.

Baca juga: Mengenal Neon Tetra - Ikan Hias Mungil Yang Warnanya Menyala

Ikan Pensil Dalam Aquascape

Dalam memilih ikan hias yang cocok untuk dipelihara dalam aquarium aquascape, kalian perlu memperhatikan beberapa kriteria sepeti temprament, karakter, ukuran, dan corak warna. Pencil Fish dapat dijadikan sebagai ikan aquascape karena ikan ini fleksibel dan mampu memenuhi kriteria-kriteria tersebut.

Dalam hal temprament, Pencil Fish dikenal sebagai ikan yang damai. Ikan ini pada umumnya tidak akan menyerang spesies lain. Ikan Pensil kadang akan berkelahi dengan sesama jenisnya untuk mempertahankan teritori dan pasangan. Namun, perkelahian ini biasanya tidak serius dan berlangsung singkat.

Jangan satukan Pencil Fish dengan ikan yang agressive. Ikan bermulut besar akan sangat mudah menelan Pencil Fish. Selain itu, ikan ini bukanlah perenang cepat. Mereka menyukai aliran air yang tidak terlalu deras dan lebih suka berenang dengan tenang.

Ikan Pensil tidak pilih-pilih dalam hal area renang. Ikan ini kadang akan berenang di bagian bawah aquarium di atas substrate sambil mencari sisa pakan yang tenggelam. Ikan Pensil juga sering terlihat berenang santai di dekat permukaan air di antara tanaman yang mengambang.

Lapisan biofilm yang mengambang diatas permukaan air dalam aquascape kadang menjadi suatu permasalahaan tersendiri. Lapisan transparant yang tipis ini bisa menghambat sirkulasi udara jika aquarium tidak dilengkapi dengan surface skimmer.

Untungnya, spesies ikan Pensil dikenal sebagai pemakan biofilm. Ikan ini mampu membersihkan lapisan sisa pakan yang kaya bakteri. Selain itu, ikan Pensil juga suka memakan alga yang timbul dipermukaan tanama air atau substrat.

Ukuran ikan Pensil yang mungil membuat ikan ini memiliki bioload yang rendah. Artinya, Pensil fish membuang kotoran dalam jumlah yang sedikit (tidak seperti Guppy atau Platy). Aquarium tidak akan mudah kotor berkat ikan Pensil! 

Baca juga: Ternyata Ikan Bisa Kecanduan Narkoba: Lho Kok Bisa!?

Pencil Fish Sebagai Pengganti Alternatif Tetra

Penghobi aquascape biasanya memilih ikan Tetra sebagai penghuni utama aquarium. Namun, jika kalian menginginkan jenis ikan yang berbeda, Pencil fish merupakan alternatif yang sangat menarik.

Walaupun tidak sesolid Tetra (dalam hal shoaling), ikan Pensil juga suka berenang dalam sebuah group yang berjumlah setidaknya 3 hingga 4 ekor. Mereka suka berenang berdekatan terutama jika ada ikan lain yang lebih besar.

Ikan Pensil aquascape
Ikan Pensil Merah.

Warna Pencil tidak kalah menarik jika dibandingkan dengan Tetra. Ikan ini juga memiliki garis yang bisa memantulkan cahaya, mirip dengan Black Neon Tetra. 

Kontras antara garis hitam dan putih pada sisi tubuh Pencil Fish membuat ikan ini cukup menonjol walaupun berukuran mungil. Untuk jenis Red Pencil Fish, garis merah ikan tersebut akan semakin membara jika kondisi air dan pakan cocok.

Baca juga: Mengenal Jonathan Sang Kura-kura: Binatang Darat Tertua Di Dunia

Pakan Pencil Fish

Pencil Fish merupakan ikan omnivora. Artinya ikan ini akan memakan segala macam pakan. Namun, kalian perlu memperhatikan ukuran pakannya. Mulut Pencil Fish jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Tetra.

Pelet micro atau remahan pelet merupakan makanan utama yang cocok untuk Pencil Fish. Udang artemia, kutu air, dan jentik-jentik nyamuk kecil merupakan pakan hidup yang paling bagus untuk ikan ini.

Ikan Pensil biasanya juga suka memakan pakan yang sudah tenggelam diatas substrat aquarium. Ikan ini juga akan memakan remahan pelet yang masih mengambang di permukaan. Jadi dalam hal pakan, Ikan Pensil tergolong tidak ribet!