Pengalaman Melakukan Verifikasi Identitas dan PIN AdSense

Verifikasi identitas dan PIN AdSense merupakan langkah penting setelah website kalian diterima. Setelah terverifikasi, income bisa segera dinikmati.

Verifikasi PIN AdSense mungkin merupakan salah satu langkah paling signifikan bagi kalian para blogger pemula yang ingin memonetisasi situs web ataupun channel YouTube-nya. Mekanisme ini penting untuk memastikan kebenaran identitas dan alamat kalian.

AdSense akan mengirimkan selembar surat yang berisi PIN (Personal Identification Number) langsung ke rumah kalian. Kemudian kalian akan diminta untuk  memasukkan nomor tersebut ke akun AdSense. 

Jika berjalan dengan lancar, akun AdSense akan sepenuhnya diaktifkan dan kalian bisa benar-benar menerima pembayaran setelah mencapai ambang batas minimal $100 atau Rp1,300,000.  

Baca juga:

Surat dari Google yang berisi PIN AdSense, ternyata dikirm dari Malaysia!
Surat dari Google yang berisi PIN AdSense, ternyata dikirm dari Malaysia!

Tanpa verifikasi PIN AdSense, pembayaran pendapatan iklan akan ditangguhkan. Jadi meskipun sudah menerima pendapatan sebesar Rp1,300,000, AdSense tidak akan mentransfer uang tersebut ke rekening kalian jika verifikasi PIN tidak dilakukan.

AdSense juga akan berhenti menampilkan iklan di situs web kalian untuk sementara jika deadline terlewatkan. Oleh karena itu, kalian harus benar-benar memperhatikan dengan seksama langkah verifikasi PIN AdSense agar pendapatan iklan dari website bisa segera dinikmati.

Dalam artikel ini, Admin akan membagikan pengalamannya saat melakukan verifikasi PIN AdSense. Admin telah menyelesaikan proses verifikasi AdSense secara tuntas di tahun 2020 lalu. Jadi, mungkin akan ada sedikit perbedaan.

Hasilkan Rp130,000 di Akun AdSense Untuk Memulai Verifikasi ID dan PIN

Waktu itu, Admin bisa melakukan verifikasi identitas (ID) dan PIN AdSense setelah berhasil mendapatkan income sebesar Rp130,000.

Proses verifikasi PIN sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, untuk mendapatkan penghasilan sebesar Rp130,000  melalui AdSense ternyata tidak mudah bagi pemula! Apalagi jika kalian hanya mengandalkan satu situs Blogspot gratisan.

Seingat Admin, butuh waktu lebih dari 6 bulan untuk mendapatkan Rp130,000 dari satu situs Blogspot. Harap maklum, waktu itu Admin masih pemula dalam dunia blogging. Penghasilan pemula pada umumnya memang akan sangat-sangat rendah. 

Admin masih ingat penghasilan hari pertama watu itu hanya Rp19! Dengan usaha yang ulet dan konsisten, penghasilan Admin perhari kini jauh lebih besar (jumlah tepatnya rahasia, hehe).

Penghasilan AdSense akan naik jika dibarengi dengan usaha yang konsisten.
Penghasilan AdSense akan naik jika dibarengi dengan usaha yang konsisten.

Penghasilan kalian pun juga secara bertahap akan meningkat secara alami. Seiring dengan pertumbuhan situs, traffik organik akan meningkat dan penghasilan iklan dari AdSense pun akan mulai mengalir. 

Berdasarkan pengalaman Admin, penghasilan AdSense bisa naik secara signifikan ketika artikel web bisa menembus peringkat 10 besar dalam hasil pencarian Google.

Jika kalian ingin segera mendapatkan PIN AdSense, berikut saran Admin:   

  • Jangan buru-buru mendaftarkan website ke AdSense, pastikan website sudah jalan dan mendapatkan traffik terlebih dahulu.
  • Gunakan domain tingkat atas (seperti .com). Domain gratisan Blogspot secara umum memang masih dilirik sebelah mata. Bukannya tidak mungkin untuk mendapatkan penghasilan siknifikan dari website berdomain blogspot, namun hal ini biasanya butuh kesabaran yang lebih tinggi.
  • Fokus pada peringkat dengan menulis artikel yang bagus. Belajar dan perhatikan prinsip-prinsip Search Engine Optimization (SEO)!

Topik situs website kalian bisa tentang apa saja. Hal yang paling penting adalah kualitas tulisan yang baik dan kesabaran.

Setelah penghasilan kalian mencapai Rp130,000, AdSense akan menampilkan notifikasi yang mengatakan "Your payments are on hold. Action is required to release payment." dibagian atas akun. Artinya, pembayaran kalian sedang ditangguhkan. Agar pembayaran bisa diterima, kalian diminta untuk melakukan verifikasi.

Selain notifikasi di akun AdSense, kalian juga akan menerima email dari Google Payments yang memberitahukan bahwa kalian wajib melakukan varifikasi identitas.

Harap diperhatikan, ambang batas Rp130,000 ini bukanlah akumulasi saldo melainkan total pendapatan AdSense. Misalnya, akumulasi saldo kalian dari bulan-bulan sebelumnya baru Rp100,000. 

Jika kalian mendapatkan Rp30,000 dalam satu hari, maka total pendapatan kalian sudah mencapai Rp130,000 walaupun saldo masih menujukan Rp100,000. Email dan notifikasi akan langsung segera muncul. Pada hari itu juga, kalian sudah measuki tahap proses verifikasi ID dan PIN.

Mulai Proses Verifikasi Identitas AdSense

Sebelum AdSense mengirimkan PIN, kalian harus melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Kalian akan diminta untuk meng-upload gambar kartu identitas resmi yang masih berlaku. Kartu ini bisa berupa paspor, SIM, atau kartu KTP yang masih valid. Cukup pilih salah satu! 

Untuk melakukan verifikasi identitas, buka akun AdSense, kemudian pilih opsi Pembayaran. Kalian akan melihat notifikasi peringatan berwarna merah yang mengatakan "Verify your identity." dan tombol "VERIFY NOW". Sebelum kalian mengklik tombol verifikasi tersebut, kalian perlu tau syarat format foto kartu identitas diri. Tidak bisa sembarangan upload!

Untuk mendapatkan PIN AdSense, kalian perlu melakukan verifikasi identitas.
Untuk mendapatkan PIN AdSense, kalian perlu melakukan verifikasi identitas.

Jangan anggap enteng langkah ini! Kalian hanya diberi kesempatan terbatas untuk mengunggah foto kartu identitas yang benar. Jika tidak salah, hanya ada 3 kesempatan. Jika kalian gagal mengunggah foto yang diperlukan, akun AdSense kalian bisa terkunci dan kalian mungkin perlu menghubungi AdSense untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Bisa ribet.

Tips untuk mengambil foto kartu identitas untuk verifikasi AdSense

  • Pastikan seluruh bagian dari kartu identitas terfoto dengan utuh, semua pojok-pojok kartu harus terlihat dan tidak terpotong. Letakkan kartu identitas diatas alas berwarna polos agar foto terlihat jelas.
  • Hasil foto kartu identitas harus bisa terbaca, fokus, dan bebas dari pantulan cahaya. Jika kartu identitas kalian sudah lusuh dan datanya tidak dapat dibaca, lebih baik melakukan pembaharuan terlebih dahulu di Dukcapil! 
  • Jangan mengunggah kartu identitas yang sudah kadaluarsa! Pilih kartu yang paling jelas, terbersih, dan terbaru. Bisa paspor, Kartu Tanda Penduduk, atau Surat Izin Mengemudi. Pilih satu dari tiga opsi itu saja.
  • Kalau E-KTP kalian masih versi lama, pastikan kartu tersebut belum kadaluwarsa. Walaupun secara legal E-KTP yang sudah kadaluwarsa masih valid di Indonesia, namun AdSense akan tetap menolak kartu tersebut. Lebih baik diperbaharui terlebih dahulu atau pilih kartu identitas lain, seperti SIM atau paspor.
  • Foto kartu identitas yang tidak lengkap atau terhalang atau hasil fotonya gelap atau buram tidak akan diterima.
  • Ingat, untuk mencegah penyalahgunaan, AdSense hanya mengizinkan upaya verifikasi dalam jumlah terbatas.
  • Mengunggah foto  kartu identitas selain yang diminta dapat mengakibatkan penangguhan akun. Jangan salah upload foto. Hanya foto Paspor, SIM, atau KTP valid saja yang dapat diterima. Foto lain akan ditolak!

Admin sendiri menggunakan foto kartu SIM yang masih berlaku. Kebetulan waktu itu admin baru saja mendapatkan SIM A, jadi kartunya masih jelas dan baru. SIM B atau SIM C pun akan diterima asal memenuhi persyaratan di atas. 

Input data diri dan upload foto kartu identitas

Setelah menyiapkan foto kartu identitas yang benar dan jelas, silakan mengklik tombol VERIFIKASI SEKARANG (VERIFY NOW) di bagian opsi Pembayaran di akun AdSense. 

Kalian akan diminta untuk mengisi identitas sesuai dengan informasi yang tercantum di foto yang akan diupload. Pastikan bahwa informasi yang kalian masukan, nama dan alamat, benar-benar sesuai dengan informasi yang tertulis pada kartu identitas yang kalian pilih.

Tinjau ulang informasi yang sudah dimasukan biar tidak salah dan cocok dengan kartu identitas. Setelah itu, kalian bisa mengunggah foto kartu identitas dan mengirimkannya ke AdSense.

Setelah itu AdSense akan melakukan tahap verifikasi. Mungkin perlu beberapa hari hingga kalian mendapatkan balasan dari AdSense. Jika berhasil atau gagal, AdSense akan mengirimkan email pemberitahuan. Jika tidak berhasil, kalian dapat mencoba lagi dengan foto kartu identitas yang lebih valid.

Berdasarkan pengalaman Admin, AdSense mengirimkan email setelah 6 jam yang memberitahukan bahwa proses verifikasi identitas berhasil! Jadi bisa lebih cepat atau lebih lambat, mungkin tergantung panjangnya antrian.

Setelah menyelesaikan proses verifikasi identitas, kalian boleh mengatur metode pembayaran dan menambahkan rekening bank. Step ini bisa dilakukan kapan pun. Admin sendiri melakukan proses verifikasi bank setelah menyelesaikan tahap verifikasi PIN. 

Untuk verifikasi rekening bank AdSense, baca artikel berikut ini: Cara Menambahkan Metode Pembayaran dan Verifikasi Rekening Bank di Akun AdSense

Menunggu PIN AdSense

Setelah kalian berhasil menyelesaikan proses verifikasi identitas, AdSense akan mengirimkan selembar surat fisik yang berisi nomer PIN langsung ke alamat rumah kalian! Proses menunggu PIN AdSense bisa dibilang cukup mendebarkan karena kita tidak tau pasti kapan surat tersebut akan sampai.

Secara default, PIN AdSense normalnya akan sampai dalam kurun waktu 2 - 4 minggu. Jika kalian belum juga menerima PIN AdSense setelah 4 minggu berlalu, kalian diperbolehkan untuk meminta PIN lagi. Sebelum meminta PIN ulang, pastikan alamat memang sudah benar, kalian bisa menggantinya lewat akun AdSense di bagian Info Pembayaran (Payments Info).

Selain itu, cek kantor pos terdekat dan tanyakan langsung pada staff. Mungkin saja PIN AdSense sudah sampai di kantor pos namun terselip atau belum sempat diantar.

Verifikasi PIN AdSense!
Verifikasi PIN AdSense!

Surat PIN AdSense yang dikirimkan ke alamat rumah Admin waktu itu membutuhkan waktu lebih dari 4 minggu. Hal ini disebabkan karena pandemi sedang dalam kondisi buruk.

Jadi karena sudah melewati jangka waktu 4 minggu, Admin meminta PIN ulang dengan cara menekan tombol "Resend PIN" di akun AdSense.

PIN AdSense tidak kunjung datang? Jangan panik, bisa request ulang. Pastikan lagi kalau alamat sudah benar, cek di bagian Payments.
PIN AdSense tidak kunjung datang? Jangan panik, bisa request ulang. Pastikan lagi kalau alamat sudah benar, cek di bagian Payments.

Setelah 8 minggu, PIN AdSense pun akhirnya sampai di rumah Admin. Uniknya, karena melakukan request pengiriman ulang, Admin menerima dua surat PIN. Kedua surat tersebut berisi nomer PIN yang sama.

Yang jelas, jangan coba-coba untuk memasukan PIN secara random karena akun AdSense bisa ditangguhkan. Kalian hanya diberi 3 kesempatan untuk mesukan PIN yang benar. Jika surat dari AdSense belum kunjung datang, bersabarlah dan minta pengiriman ulang PIN sesuai prosedur. Banyak-banyak berdo'a!

PIN AdSense yang dimasukan benar, verfikasi berhasil, yay!
PIN AdSense yang dimasukan benar, verfikasi berhasil, yay!

Setelah datang, kalian bisa langsung meng-input nomer PIN AdSense yang tertera dalam surat tersebut. Tetap teliti dan jangan sampai keliru!

Keterlambatan pengiriman PIN AdSense adalah hal yang lumrah dan sangat umum terjadi. Tidak perlu panik dan khawatir karena deadline untuk memasukan PIN sangatlah panjang, kalau tidak salah 6 bulan sejak verifikasi identitas selesai dilakukan. 

Jadi, dibawa santai saja dan tetap membuat konten sembari menunggu PIN AdSense datang!