5 Resep Praktis Membuat Infused Water di Rumah!

Panas-panas begini paling enak minum yang adem-adem! Yuk cobaiin resep infused water tanpa gula berikut ini! Sehat dan Segar!

Penulis: Ama Rii | Editor: Shoffan Ma'ruf

resep infused water

Infused water yang juga dikenal sebagai water infusion atau detox water adalah minuman yang terdiri dari air dan potongan bahan-bahan lain seperti buah, sayuran, atau rempah-rempah. Beberapa abad yang lalu, bahkan orang-orang juga menggunakan bunga sebagai bahan infused water. Minuman ini menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir. Minuman ini tidak hanya mencegah dehidrasi, akan tetapi juga lezat dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Beberapa orang mungkin masih bingung bagaimana cara memilih bahan yang bagus untuk infused water, waktu perendaman, dan suhu yang cocok untuk perendaman bahan. Kali ini kita akan memberikan tips dan resep untuk membuat infused water sederhana yang pastinya enak dan menyegarkan. Yuk simak artikel ini!

Tips cara Membuat Infused Water

Sebelum kamu memulai membuat infused water, simak tips berikut ini!

Memilih kombinasi bahan sesuai selera

resep infused water

Sebelum membuat infused water, tentunya kamu harus menentukan terlebih dahulu bahan yang akan digunakan. Kamu bisa mengkombinasikan berbagai buah, sayur atau rempah-rempah sesuai selera. 

Umumnya, buah-buahan yang paling populer untuk dijadikan infused water adalah buah yang memiliki cita rasa asam seperti lemon, stroberi, dan jeruk nipis. 

Berikut ini ada beberapa kombinasi bahan yang bisa kamu coba:

  • Lemon dan mint
  • Stroberi dan basil 
  • Mentimun dan jeruk nipis
  • Semangka, melon, dan rosemary
  • Mangga dan jahe
  • Jeruk, blueberry, dan kemangi
  • Jeruk, kayu manis, kapulaga, dan cengkeh

Gunakan Bahan yang Segar

Jika sudah menentukan kombinasi bahan yang ingin digunakan, kamu bisa segera menyiapkan bahan-bahannya. Pastikan untuk memilih bahan yang segar, matang, dan berkualitas baik untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Menggunakan bahan segar untuk infused water akan memberikan rasa dan aroma yang lebih segar dan alami.

Setelah dicuci bersih, potong semua bahannya. Buah-buahan yang lembut seperti jeruk, stroberi atau anggur, sebaiknya diiris tipis atau dipotong menjadi empat. Sedangkan, untuk buah yang keras seperti apel atau pir sebaiknya diiris sangat tipis.

Jangan Menambahkan Gula atau Pemanis Tambahan

resep infused water

Tujuan dari infused water adalah untuk membuat minuman yang sehat dan segar. Gula tambahan akan menambah kalori dan bisa membuat minuman menjadi tidak sehat. Mengkonsumsi infused water tanpa gula tambahan bisa membantu menjaga asupan kalori.

Jika menginginkan rasa yang lebih manis, kamu dapat mencoba mengkombinasikan buah-buahan yang lebih matang atau memilih buah-buahan yang memiliki rasa manis alami seperti kelengkeng, buah beri, potongan pepaya atau mangga yang matang. 

Jika kamu masih tetap menginginkan sedikit tambahan rasa manis, kamu bisa menggunakan madu murni dalam jumlah yang sedikit sebagai pemanis alami, tetapi gunakan dalam batas yang wajar saja yaa, jangan terlalu banyak! 

Tentukan Waktu dan Suhu Rendam

Waktu dan suhu rendam infused water bisa bervariasi tergantung pada bahan yang digunakan dan intensitas rasa yang kamu inginkan. Berikut ini adalah panduan yang bisa kamu gunakan untuk menentukan waktu dan suhu rendam:

Waktu rendam 

Untuk infused water dengan buah-buahan segar atau sayuran, sebaiknya direndam selama minimal 1-2 jam agar rasa dan aroma dapat meresap ke dalam air. Akan tetapi, jika kamu menginginkan hasil yang lebih kuat, kamu bisa merendamnya semalam di dalam lemari es. 

Infused water dengan bahan-bahan seperti jahe atau rempah-rempah biasanya membutuhkan waktu rendam yang lebih lama. Dibutuhkan sekitar 4-6 jam untuk mendapatkan infused water rempah-rempah. Kamu juga bisa merendamnya semalaman agar bisa mendapatkan rasa dan aroma yang lebih kuat.

Suhu rendam

Infused water lebih baik jika direndam dalam suhu ruangan atau dalam lemari es untuk mempertahankan kesegarannya. Jika kamu menginginkan infused water yang dingin dan akan segera diminum, kamu bisa menambahkan beberapa es batu pada air rendaman. Namun, jika ingin mendapatkan rasa yang lebih kuat, kamu bisa merendamnya di dalam lemari es selama beberapa jam atau semalaman.

Resep Infused Water 

resep infused water lemon

1. Infused Water Lemon 

Infused water lemon sangat populer saat ini. Lemon adalah sumber yang kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan. 

Lemon memiliki sifat detoksifikasi alami yang membantu membersihkan tubuh dari racun dan limbah. Infused water lemon juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan ginjal yang berperan penting dalam proses detoksifikasi.

Cara membuat:

  • Cuci bersih ½ buah lemon
  • Potong tipis, jangan lupa buang bijinya
  • Masukkan potongan lemon ke dalam botol yang sudah berisi 500 ml air.
  • Tutup rapat botol dan diamkan kurang lebih 2 jam. Infused water jeruk nipis siap diminum dan bisa disimpan di kulkas hingga 2 hari.

Jika kamu menggunakan lemon sekaligus kulitnya, saring minuman setelah 4 jam perendaman. Perendaman kulit lemon yang terlalu lama dapat membuat air terasa pahit.

2. Infused Water jeruk nipis 

Jeruk nipis adalah adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat infused water. Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang merupakan antioksidan kuat untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit dan membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

Infused water jeruk nipis juga dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Kandungan serat dalam jeruk nipis memberikan rasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Cara membuat: 

  • Cuci bersih 2 buah jeruk nipis
  • Potong tipis, jangan lupa buang bijinya
  • Masukkan potongan jeruk nipis ke dalam botol yang sudah berisi 500 ml air.
  • Tutup rapat botol dan diamkan kurang lebih 2 jam. 
  • Infused water jeruk nipis siap diminum dan bisa disimpan di kulkas hingga 2 hari.

Jika kamu menggunakan jeruk sekaligus kulitnya, saring minuman setelah 4 jam perendaman. Kulit jeruk yang terlalu lama direndam dapat membuat air terasa pahit.

3. Infused Water Timun dan Daun Mint

Infused water timun dan daun mint memberikan rasa yang menyegarkan dan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kombinasi timun yang memiliki kandungan air tinggi dan daun mint yang memberikan aroma segar akan membuat minuman ini menjadi pilihan yang menyenangkan untuk mengatasi kehausan. 

Minuman infused water timun dan daun mint memberikan efek pendinginan yang menyegarkan, terutama ketika diminum dalam keadaan cuaca panas. Hal ini dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan memberikan rasa yang segar.

Cara membuat: 

  • Cuci bersih 1 buah timun dan daun mint secukupnya
  • Potong tipis timun
  • Masukkan potongan timun dan daun mint ke dalam botol yang sudah berisi 500 ml air.

Tutup rapat botol dan diamkan kurang lebih 2 jam. Infused water timun dan daun mint siap diminum. Sebelum diminum kamu boleh menyaringnya terlebih dahulu. Minuman ini bisa bertahan 2 hari jika disimpan di kulkas.

4. Infused Water Kurma

Infused water kurma dijuluki sebagai detox water karena minuman yang lezat ini memiliki banyak manfaat. Kurma merupakan sumber makanan yang kaya akan karbohidrat, serat, dan gula alami. Infused water kurma dapat memberikan energi yang cepat dan tahan lama, membuatnya menjadi minuman yang baik untuk mengatasi kelelahan dan peningkatan stamina. 

Kurma juga mengandung antioksidan dan berbagai vitamin serta mineral penting seperti vitamin B6, potassium, magnesium, dan zat besi. Vitamin dan mineral ini penting untuk kesehatan tulang, fungsi otot, sistem kekebalan tubuh, dan pembentukan darah yang sehat.

Cara membuat:

  • Siapkan 11 buah kuah dan buang bijinya.
  • Siapkan wadah, masukkan kurma dan tambahkan air secukupnya
  • Diamkan selama 8-12 jam. 

Infused water kurma siap diminum!

5. Infused Water Mangga dan Nanas

Kedua buah ini mengandung vitamin A dan vitamin C yang penting untuk kesehatan kulit. Vitamin A membantu memperbaiki dan meremajakan jaringan kulit, sementara vitamin C membantu produksi kolagen yang penting untuk elastisitas kulit. 

Infused water mangga dan nanas dapat membantu dalam proses detoksifikasi tubuh. Kedua buah ini memiliki sifat diuretik yang membantu meningkatkan produksi urin dan membantu menghilangkan racun dari tubuh.

Cara membuat:

  • Siapkan ¼ buah mangga dan ¼ buah nanas.
  • Potong-potong buah menjadi beberapa bagian, lalu masukkan ke dalam wadah, dan tambahkan  air secukupnya
  • Diamkan selama 3-6 jam. Infused water mangga nanas siap diminum

Itulah beberapa tips dan resep dalam membuat infused water. Selain resep yang sudah disebutkan, kamu bisa bereksperimen dengan menggunakan buah, sayur, atau rempah sesuai dengan yang kamu inginkan. Selamat bereksperimen dan stay healthy!