Cara Menambahkan Metode Pembayaran dan Verifikasi Rekening Bank di Akun AdSense

Lakukan verifikasi rekening bank agar bisa menerima pembayaran penghasilan iklan dari AdSense! Simak tahap-tahapnya.

Bagi para blogger pemula, menerima gaji pertama dari AdSense merupakan salah satu moment yang paling ditunggu-tunggu. Agar uang penghasil bisa segera dinikmati, kita perlu menambahkan metode pembayaran utama terlebih dahulu di akun AdSense. Kemudian, kita juga harus melakukan proses verifikasi rekening bank. Langkah ini terbilang cukup rumit, mari kita simak dengan seksama!

Untuk membuat sebuah blog yang bisa benar-benar menguntungkan, kita perlu berkerja keras dan berusaha secara konsisten. Gaji pertama dari Google nantinya akan menjadi sebuah bukti nyata bahwa kita mampu membuat situs yang bermanfaat dan bernilai guna tinggi. Oleh karena itu, mendapatkan penghasilan dari AdSense adalah hal yang bisa kita banggakan, walaupun mungkin awalnya gajinya tidak seberapa.

Agar pendapatan dari AdSense bisa ditransfer ke rekening bank, kita harus mencapai ambang batas pendapatan minimal terlebih dahulu, yaitu sebesar Rp1,300,000. Kemudian, kita juga perlu mengatur metode pembayaran utama di akun AdSense. Dengan demikian, uang gajian AdSense nantinya dapat terkirim secara otomatis ke rekening bank kita.

Selesaikan Verifikasi Identitas Terlebih Dahulu!

Agar kita bisa menambahkan metode pembayaran di akun AdSense, maka kita perlu melakukan verifikasi identitas terlebih dahulu. Pada artikel sebelumnya, Admin telah membahas masalah ini secara menyeluruh. Jika kalian belum tahu cara verifikasi identitas AdSense, baca artikel ini: Pengalaman Melakukan Verifikasi Identitas dan PIN AdSense. 

Intinya, setelah penghasilan kita mencapai Rp130,000 ($10), maka proses verifikasi identitas bisa segera dilakukan. Setelah langkah tersebut selesai, kalianjuga harus menunggu PIN AdSense. Setelah itu, metode pembayaran bisa ditambakan.

Sebenarnya penambahan metode pembayaran bisa dilakukan sebelum PIN AdSense datang. Namun, Admin pribadi memilih untuk menyelesaikan proses verifikasi PIN terlebih dahulu, kemudian baru menambahkan metode pembayaran. Hal ini Admin lakukan agar tidak salah dan tidak bingung. Lebih baik urut. 

Belum selesai verifikasi identitas, belum bisa tambahkan metode pembayaran.
Belum selesai verifikasi identitas, belum bisa tambahkan metode pembayaran.

Menambah dan memverifikasi rekening bank dapat dilakukan kapan saja, jadi kita tidak perlu terburu-buru. Yang penting, lakukanlah prosedur tersebut dengan cermat. Perlu kalian ketahui, jika verifikasi identitas AdSense belum selesai, opsi untuk menambahkan metode pembayaran masih akan terkunci.

Menambahkan Metode Pembayaran di AdSense

Jika kalian telah selesai melakukan tahap-tahap verifikasi diatas, metode pembayaran AdSense bisa segera ditambahakan. Pertama, buka akun AdSense, lalu pilih Pembayaran (Payments) di sidebar kiri bawah.

Kemudian, di bagian bawah informasi penghasilan, pilihlah "Kelola metode pembayaran". Setelah itu kalian bisa menambahkan metode pembayaran.

Metode pembayaran bisa ditambahkan setelah verifikasi identitas AdSense selesai.
Metode pembayaran bisa ditambahkan setelah verifikasi identitas AdSense selesai.

Setelah kalian mengklik opsi tersebut, kalian dapat menambahkan nama, memilih bank, dan menambahkan nomor rekening. 

Nama yang kalian input harus sama persis dengan nama yang tertera di rekening bank

Selanjutnya, kalian bisa memilih bank dari daftar yang telah disediakan oleh AdSense. Jika bank yang ingin kalian pilith tidak tercantum, Admin sarankan kalian untuk membuka rekening baru di bank di bank yang terdaftar di AdSense. Bank besar di Indonesia seperti Mandiri, BNI, BCA, dan BRI tersedia dalam daftar tersebut.Kemudian, masukan nomer rekening bank yang kalian miliki.

Langkah terakhir, centang kotak "Teptapkan sebagai metode pembayaran utama". Pastikan semua informasi sudah benar dan kemudian klik Simpan. 

Contoh mengisi formulir metode pembayaran AdSense.
Contoh mengisi formulir metode pembayaran AdSense.

Verifikasi Rekening Bank

Setelah metode pembayaran selesai ditambahkan, kalian akan menerima pemberitahuan yang menyatakan bahwa AdSense akan menyetor uang senilai kurang dari Rp10,000 ke rekening. Jumlah setoran yang nilainya kecil tersebut bersifat acak dan nantinya digunakan sebagai kode untuk verifikasi rekening di Akun AdSense.

Setoran dari AdSense untuk verifikasi rekening, biasanya kurang dari Rp1,000.
Setoran dari AdSense untuk verifikasi rekening, biasanya kurang dari Rp1,000.

Transaksi ini disebut sebagai setoran percobaan. Metode verifikasi bank ini memang unik. Hal ini dilakukan agar rekening yang kalian masukan memang sudah benar. Dengan demikian, penghasilan AdSense akan masuk ke rekening kalian tanpa kendala. 

Jadi, jumlah setoran percobaan tersebut menjadi semacam PIN yang perlu kalian masukan di akun AdSense untuk menyelesaikan proses verifikasi rekening.

Setoran ini akan dikirim oleh pihak Google dalam waktu kurang lebih 2-5 hari kerja. Jadi jangan langsung buru-buru ke bank, tunggu dulu minimal 2 hari agar setoran benar-benar sudah sampai.

Agar tau jumlah pasti setoran uang dari Google, ada dua cara:

Pertama, kunjungi langsung Bank. Lalu tanyakan pada teller untuk melakukan pengecekan transaksi atau biasa dikenal dengan istilah cek mutasi rekening. Cari transaksi dari AdSense atau Google. Jangan lupa untuk membawa buku tabungan.

Kedua, cek mutasi rekening langsung dari ATM. Misal, Admin adalah pengguna ATM BRI. Untuk mengecek jumlah setoran percobaan dari AdSense, masukan kartu ATM dan pilih Transaksi lainnya. Setelah itu pilih Mutasi Rekening.

Namun, jika kalian melakukan pengecekan melalu ATM, opsi mutasi rekening hanya akan menampilkan lima transaksi terakhir. Kalian juga tidak bisa mengetahui nama pengirim setoran. Jadi, jika kalian sedang ada banyak transaksi, setoran percobaan dari Google mungkin tidak terlihat. Solusinya, gunakanlah cara pertama yang lebih akurat.

Setelah kalian mengetahui jumlah setoran percobaan dari Google, bukalah akun AdSense dan pilih Pembayaran. Kalian akan melihat notifikasi berwarna merah dan tombol Verifikasi Sekarang. Tekan tombol tersebut.dan disitu kalian akan disuruh untuk memilih jumlah setoran yang tepat dari menu. 

Setelah tahu jumlah setoran dari Google, bisa langsung verifikasi!
Setelah tahu jumlah setoran dari Google, bisa langsung verifikasi!

Pilihlah jumlah setoran yang sesuai, jangan sampai salah. Kemudian jika sudah selesai, klik tombol Verifikasi. Jika sudah benar, selamat! Akun AdSense kalian sudah terhubung dengan rekening bank dan kalian siap menikmati pendapatan iklan. Yey!

 Misal, waktu itu Admin menerima setoran receh sebanyak Rp547 dari Google. Maka Admin memilih angka tersebut ketika melakukan verifikasi di akun AdSense. Cukup simpel.

Pilih jumlah setoran dari Google!
Pilih jumlah setoran dari Google!

Jika kalian belum mengetahu jumlah setoran dari Google, jangan lakukan percobaan random. Setelah kalian melakukan kesalahan sebanyak 3 kali, akun AdSense bisa kena suspend! Jadi hati-hati saja. 

Kalau semuanya sudah sesuai, verifikasi rekening bank untuk pembayaran AdSense sukses!
Kalau semuanya sudah sesuai, verifikasi rekening bank untuk pembayaran AdSense sukses!

Apa yang harus kita lakukan jika setoran dari Google belum sampai setelah 10 hari berlalu?

Jangan panik. Jika setoran percobaan tidak masuk rekening, itu artinya kalian salah memasukan data. Untuk memperbaikinya, masuk ke AdSense akun dan pilih Pembayaran.

Tambahkan metode pembayaran baru, prosesnya sama dengan yang telah kalian lakukan sebelumnya. Pastikan kali ini datanya benar-benar sudah cocok. AdSense akan mengirimkan setoran ke akun rekening yang benar.

Jangan lupa untuk mencentang "Tetapkan sebagai metode pembayaran utama". Kalian bisa menghapus metode pembayaran yang salah setelah itu.