Apakah Judul Artikel Yang Menggunakan Tanda Tanya dan Titik Dua Lebih Disukai? Jawaban Singkatnya: Ya

Penggunaan kalimat tanya dan titik dua dapat mempengaruhi preferensi calon pembaca dalam memilih jurnal ilmiah.

Sebuah makalah penelitian menunjukan bahwa pembaca lebih tertarik dengan judul artikel ilmiah yang memiliki tanda baca titik dua dan menggunakan kalimat tanya. Selain itu, pembaca juga cenderung menyukai judul yang panjang. Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa psikologi dari sebuah universitas di Amerika Serikat.

Studi ini berjudul "I’ll Read That!: What Title Elements Attract Readers to an Article?" dan ditulis oleh Robert M. Hallock dan Tara N. Bennett dari Purdue University, Northwest. Hasil riset ini dipublikasikan dalam jurnal Teaching of Psychology. 

Baca juga: 

Judul Artikel Merupakan Bentuk Interaksi Pertama Dengan Calon Pembaca

Judul artikel sangatlah penting karena merupakan “titik kontak pertama dengan calon pembaca”, tulis para peneliti. Dengan demikian, judul adalah elemen penting dalam menarik pembaca. 

riset tentang judul jurnal ilmiah yang optimal

Banyak penelitian baru-baru ini yang berfokus pada faktor-faktor yang menentukan kesuksesan judul makalah akademis. Namun sebagian besar penelitian tersebut hanya didasarkan pada metrik seperti kutipan (citation), daripada pembaca makalah yang nyata. 

Judul makalah yang menarik belum tentu dipilih untuk dikutip.

“Alih-alih berkonsentrasi pada kutipan,” tulis para peneliti, “kami fokus pada hal-hal yang mampu menarik perhatian pembaca terhadap judul makalah psikologi". 

Menyediakan Dua Judul Alternatif

Dalam penelitian ini, Hallock dan Bennett merekrut 99 mahasiswa sarjana psikologi dari universitas di Amerika Serikat. Sampel terdiri dari 32 laki-laki dan 67 perempuan.

Para peneliti menyediakan survei daftar judul artikel nyata yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Review. Para peneliti juga membuat versi alternatif dari setiap judul jurnal.

Penulisan ulang ini datang dalam bentuk judul panjang versus judul pendek, titik dua versus tidak ada titik dua, berorientasi pada hasil versus berorientasi pada metode, akronim versus dieja, pertanyaan versus tidak ada pertanyaan, dan klise versus tidak klise.

Contohnya: "Humans have two systems to track beliefs and belief-like states". Versi pertanyaannya yaitu: "Do humans have two systems to track beliefs and belief-like states?"

Contoh yang melibatkan akronim adalah "Apakah teori exotic-become-erotic (EBE) didukung oleh bukti?" versus "Apakah EBE didukung oleh bukti?"

Untuk setiap pasangan judul, para peserta diminta untuk menunjukkan versi judul mana yang paling menarik perhatian mereka saat menelusuri database jurnal.

Tipe judul artikel mana yang lebih disukai?

Para peserta secara signifikan lebih menyukai judul yang lebih panjang daripada judul pendek, dan judul yang mengandung titik dua dibandingkan tanpa titik dua. Mereka juga secara signifikan lebih menyukai judul yang menggunakan kalimat tanya.

Untuk akronim, peserta lebih menyukai versi yang dieja ketika akronimnya tidak jelas, tetapi lebih suka akronimnya jika sudah umum dikenal (misalnya OCD).

Mereka tidak memiliki preferensi yang jelas dalam hal judul yang menekankan metodologi versus hasil. 

Namun beberapa penelitian sebelumnya tentang judul artikel menyatakan bahwa "judul berorientasi hasil yang dramatis" dapat menarik audiens yang lebih besar dan mendapatkan lebih banyak liputan media.

Judul yang mengandung hasil penelitian dapat memberikan gambaran kepada para pembaca tentang isinya. Hal ini memungkinkan pembaca dengan cepat mengesampingkan jurnal penelitian yang tidak relevan.

Hal yang sama berlaku untuk judul “menarik” yang menggunakan klise. Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka menarik lebih banyak perhatian. Namun, peneliti lain berpendapat bahwa klise yang menarik justru menyebabkan "miskomunikasi, kebingungan, dan bahkan gangguan", seperti yang ditulis oleh penulis penelitian ini.

Perbandingan dengan penelitian sebelumnya

Hasil penelitian ini sesuai dengan penelitian terdahulu mengenai judul artikel. Walapaupun "Publication Manual of the American Psychological Association" masih menyarankan para peniliti untuk memberi judul maksimal 12 kata, panjang judul penelitian telah meningkat selama beberapa dekade terakhir.

Demikian pula, judul-judul yang menggunakan kata tanya menjadi semakin populer di jurnal ilmu sains, kedokteran, dan fisika.

Tentu saja, perkembangan ini juga bisa menjadi tren yang pada titik tertentu akan berbalik, seperti banyak tren lainnya.

Selain itu, sampel studi ini relatif kecil, dengan 99 peserta sarjana S1 dari satu universitas AS. Mahasiswa sarjana S1 mungkin memiliki preferensi yang berbeda dari peneliti yang lebih senior, misalnya dalam hal menggunakan akronim atau tidak.

Bagaimanapun, para peneliti  menyarankan bahwa temuan ini “dapat dan harus dipresentasikan ke kelas psikologi sarjana S1, sehingga mereka dapat mulai membuat judul jurnal yang lebih efektif dan menarik.” 

Study: I’ll Read That!: What Title Elements Attract Readers to an Article?
Authors: Robert M. Hallock and Tara N. Bennett
Published in: Teaching of Psychology
Publication date: September 29, 2020
DOI: 10.1177/0098628320959948