Cara Transfer Uang Pakai Flip Bebas Biaya Admin Dari BRI ke Mandiri

Artikel ini membahas tentang tutorial cara transfer uang pakai flip bebas biaya admin dari BRI ke Mandiri!

Transfer uang pakai Flip ternyata mudah lho! Beberapa waktu yang lalu Admin mencoba menggunakan aplikasi tersebut untuk mentransfer gaji karyawan. Dalam kesempatan ini, Admin akan menceritakan pengalaman pribadinya tentang transfer uang bebas biaya dari BRI ke Mandiri dengan menggunakan Flip!

Baca juga: 

Normalnya, transfer uang beda bank akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500 (BI fast) hingga Rp6.500! Bagi kalian yang sering transfer uang, Flip sangat membantu mengurangi biaya yang cukup lumayan ini. Untuk itu marilah kita simak cara transfer uang pakai Flip bebas biaya admin dari BRI ke Mandiri.

Bingung nyari hadiah ulang tahun buat pacar atau keponakan? Coba aja beliin tas wanita di Shopee, lagi banyak promo dan diskon lho! Cocok juga buat self-reward bagi readers perempuan :)

cara transfer uang pakai flip bebas biaya admin dari BRI ke Mandiri
Yuk daftar Flip biar hemat biaya admin pakai kode diatas!

Hal Yang Perlu Disiapkan Sebelum Transfer Uang Pakai Flip

Agar transfer uang dengan aplikasi Flip bisa segera dilakukan, persiapkanlah hal-hal berikut ini:

  1. Smartphone. 
  2. Aplikasi BRI Mobile Banking, BRImo.
  3. Aplikasi Flip.
  4. Kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, atau KK.
  5. Nomer HP aktif. 
  6. Email

Cara Mendaftar Flip

Bagi kalian yang belum punya akun Flip, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Flip di Google Play Store.
  2. Pilih opsi buat akun baru.
  3. Lengkapi data berupa nama, email, password, dan nomer handphone. 
  4. Tunggu SMS konfirmasi dari Flip, masukan kode yang dikirim ke aplikasi.
  5. Isi data diri seperti nama, alamat, tanggal lahir, dan pekerjaan, sesuai dengan KTP.  
  6. Lakukan akticasi akun Flip dengan memilih opsi untuk melanjutkan proses verifikasi.
  7. Lakukan verifikasi email! Sebuah link dari Flip akan dikirim ke email yang sudah kalian masukan tadi. Cukup clik tautan tersebut. 
  8. Verifikasi identitas, dengan KTP. Masukan nomer NIK.
  9. Kamu akan diminta untuk melakukan foto KTP, foto selfie wajah, dan selfie sambil memegang KTP.
  10. Pastikan untuk melepas kacamata saat melakukan selfie. Foto KTP juga harus sesuai dengan instruksi.
  11. Tunggu sejenak, Flip akan melakukan verifikasi indentitas.
  12. Apabila terjadi penolakan, jangan khawatir! Kalian bisa unggah foto dokumen identitas lainnya. Admin sendiri berhasil melakukan verifikasi dengan kartu SIM.
  13. Setelah berhasil melakukan verifikasi, kalian bisa segera menggunakan Flip untuk transfer dari BRI ke Mandiri tanpa biaya administrasi!

Cara Transfer Uang Pakai Flip Dari BRI ke Mandiri

Setelah registrasi Flip selesai, kamu bisa segera melakukan transfer! Dalam tutorial ini, Admin mengansumsikan kalian sudah punya akun BRImo. Bila belum, transaksi bisa juga dilakukan melaui ATM. Namun biar tidak ribet, aktifkanlah BRImo kalian saja. Kunjungi Bank BRI terdekat untuk mengaktifkan layanan tersebut.

Tanpa Flip, transaksi beda bank dari BRImo ke mandiri masih dikenai Rp6.500 (sebelum BI Fast). Jadi segera download Flip agar transfer beda bank bisa gratis. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Flip

transfer uang pake Flip

Buka aplikasi Flip yang sudah kalian download tadi. Masukan password jika diminta. Pilih tombol opsi Kirim Uang Gratis.

2. Pilih bank tujuan dan nomer rekening penerima

pilih bank tujuan dan rekening penerima di aplikasi Flip

Masukan data tujuan kirim uang kedalam kotak form yang disediakan. Kalian cukup klik bank yang tepat, dalam hal ini bank Mandiri. Kemudian, masukan nomer rekening penerima. Jika data yang kalian masukan sudah tepat, nama pemilik rekening akan otomatis muncul dibagian bawah! Klik Lanjut.

3. Masukan nominal transfer

Masukan nominal transfer di Flip

Masukan nominal uang yang ingin kalian kirim. Dalam kesempatan ini Admin akan mengirimkan uang sebesar Rp100.000 ke rekening BNI. Berita transfer biasanya terisi otomatis dengan nama aku Flip kalian. Setelah itu, klik Lanjutkan.

4. Pilih metode transfer pakai BRI Virtual Account (BRIVA)

Metode transfer Flip pakai BRIVA

Dalam tahap ini, kamu akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Admin menyarankan kalian untuk menggunakan metode pembayaran virtual account. Fitur virtual account secara otomatis telah tersedia jika kalian telah mengaktifkan mobile banking, untuk BRI nama aplikasinya BRImo. Pilihlah BRI Virtual Account. Kalau kalian tidak punya BRImo, pilih transfer bank manual lewat ATM.

5. Salin nomer tujuan BRIVA dari Flip

Salin nomer tujuan BRIVA dari Flip

Nomer rekening virtual tersebut merupakan nomer milik Flip. Salin nomer yang terteran lalu buka aplikasi BRImo.

6. Login ke aplikasi BRImo

Buka aplikasi Brimo untuk transfer ke Flip

Buka aplikasi BRImo kalian, lalu pilih menu BRIVA. Ingat, jika kalian belum punya akun mobile banking BRI, kalian bisa pilih metode transfer bank pada langkah ke-4. Bagi yang ingin memiliki akun BRImo, kalian bisa datangi CS BRI terdekat agar bisa melakukan aktivasi.

7. Pilih pembayaran baru di BRIVA

Pilih bembayaran baru di BRIVA untuk Flip

Karena belum pernah transfer ke Flip, kalian harus memilih opsi pembayaran baru. Nantinya, BRIVA secara otomatis menyimpan data rekening virtual tersebut.

8. Masukan nomer rekening virtual Flip yang telah di copy tadi

Nomer rekening tujuan ke Flip dari BRIVA

Masukan nomer tujuan BRIVA yang telah kalian copy dari aplikasi Flip. Kemudian klik tombol lanjutkan.

9. Bayar tagihan BRIVA

Bayar tagihan BRIVA ke Flip

Di tahap ini, BRIVA mendeteksi bahwa kalian memiliki tagihan sebesar Rp100.000, sesuai degan nominal yang kalian input di aplikasi Flip. Kalian bisa melihat bahwa nomer rekening virtual Flip berada dibawah nama PT. Inklusi Keungan Nusantara. Jika nominal tagihan memang sudah sesuai, klik Bayar.

10. Pembayaran dari BRImo ke Flip berhasil!

Transfer uang pakai Flip berhasil

Ketika kalian memilih opsi Bayar, kalian akan diminta untuk mengkonfirmasi jika data sudah benar. Selain itu kalian akan diminta untuk memasukan PIN akun BRImo. Transaksi biasanya akan selesai secara instant! Selanjutnya buka kembali aplikasi Flip untuk mendapatkan bukti transfer.

11. Bagikan bukti transaksi Flip ke penerima transfer

Bukti transaksi Flip

Ketika transaksi dari akun BRImo ke Flip berhasil, maka uangmu akan masuk ke rekening Flip sementara. Kemudian dari Flip, uang tersebut akan ditransfer ke penerima. Jadi Flip hanyalah perantara agar kalian terhidar dari biaya administrasi! Unduh atau bagikan bukti transaksi Flip ke penerima transfer.

Demikian langkah-langkah yang perlu kalian lakukan untuk transfer uang pakai Flip agar terhindar dari biaya administrasi. Metode diatas merupakan contoh transfer Flip dengan menggunakan fitur BRIVA di akun BRImo. Untuk bank-bank yang lain, prosesnya tidak bakal jauh beda! Selamat berhemat!

Apakah transfer uang pakai Flip aman?

Transfer uang pakai Flip sangat aman. Flip telah menerima sertifikasi dari Bank Indonesia! Sebagai jasa transfer dana, Flip diawasi secara ketat oleh BI. Jadi jangan ragu untuk memakai Flip karena kalian bisa menghemat uang. Biaya administrasi transfer beda bank memang terbilang kecil, namun biaya tersebut akan terakumulasi. Jadi mari kita berhemat dengan menggunakan jasa aplikasi Flip yang aman ini. 

Baca juga: Pengalaman Melakukan Verifikasi Identitas dan PIN AdSense