Cara Menggunakan follow.it untuk Mengganti Widget Blogger Follow by Email - Alternatif Feedburner Gratis

Apakah kamu sedang mencari alternatif gratis untuk Feedburner? Coba gunakan follow.it! Tetap terhubung dengan pembaca setia melalui notifikasi email!

Blogger mengucapkan selamat tinggal kepada gadget atau widget FollowByEmail. Keputusan ini muncul setelah Feedburner memutuskan untuk menutup layanan email subscription-nya.

Sebelumnya, kita bisa menggunakan widget tersebut melalui opsi Layout di dashboard Blogger. Fitur ini membolehkan pengunjung blog untuk subscribe atau berlangganan terhadap konten kita melalui email. Sangat disayangkan, fitur ini tidak lagi disupport oleh Blogger.

Artinya, kita tidak bisa lagi mengandalkan Blogger untuk mengirimkan pemberitahuan email otomatis kepada subscriber blog setiap kali ada postingan artikel baru. Mulai bulan Juli 2021, Feedburner akan menangguhkan layanan tersebut.

Oleh karena itu, pengganti alternative Feedburner sangat dibutuhkan. Untungnya, Admin menemukan sebuah alternatif yang kompatibel dan gratis untuk mengganti Feedburner. Layanan baru ini disebut sebagai follow.it

alternative feedburner gratis
Follow.it sebagai alternative feedburner gratisan!

Kesan Menggunakan Follow.it

Admin menemukan follow.it ketika pihak perusahaan mengontak Editor OMU.my.id secara langsung melalui email dan mereka meminta kami untuk mencoba layanan baru ini. 

Berdasarkan kesan awal, follow.it cukup mudah digunakan. Layanan ini kompatibel dengan Blogger dan kita bisa menginstalnya dengan cepat. 

Email subscription adalah sumber traffic yang sangat baik karena sifatnya yang berkelanjutan. Pembaca setia akan terus mengunjungi blog kita terlepas dari peringkat Google.  

Jadi, mengganti gadget FollowByEmail adalah prioritas utama. Dengan menggunakan follow.it,  pembaca setia bisa mendapatkan notifikasi cepat melalui email ketika kita menerbitkan posting baru. Dengan demikian, mereka akan mengunjungi kembali situs web kita melalui link yang tercantum di dalam email.

Goodbye follow by email gadget
Goodbye follow by email widget!

Walaupun gratis, follow.it tampaknya memiliki berbagai fitur yang cukup mumpuni untuk membantu pemilik blog (penerbit) dalam mengirimkan artikel kepada pembaca.

Jika kamu hanya ingin menggunakan layanan email otomatis untuk menggantikan gadget FollowByEmail, follow.it versi gratis sudah cukup baik. Berapapun jumlah subscriber yang kamu milik, kamu tidak akan dikenakai biaya apapun! 

Jika kamu ingin mendapatkan fitur yang lebih banyak, follow.it  juga memiliki versi berbayar atau premium. Biayanya cukup murah karena proporsional dengan jumlah subscriber yang kamu miliki.

Selain itu, fitur premium seperti direktori follow.it adalah salah satu cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung. Fitur ini akan meningkatkan visibilitas website kalian karena website akan tercantum ke dalam direktori mereka. 

Cara Memasang follow.it di Blogger

Cara memasang widget follow.it pada Blogger sangat mudah. Proses instalasinya tidak terlalu rumit dan tidak memakan waktu terlalu lama. Ikuti langkah-langkah berikut dengan seksama untuk menginstal follow.it di situs Blogger kalian.

Perhatikan langkah nomor 6 untuk memastikan akun follow.it dapat terhubung dengan benar.

1. Buat akun follow.it.

Buka situs web follow.it dan kalian bisa membuat akun gratis secara instan dengan mendaftar melalui akun gmail.

join follow it pengganti feedburner

 2. Menambahkan Blogger ke follow.it

Setelah selesai mendaftar, kamu akan langsung diarahkan ke dasbor follow.it. Di sidebar sebelah kiri, klik Publishing dan pilih Add Feed. Kemudian, kalian cukup memasukkan url situs blogger dan klik Next. Kemudian,  muncul pop up window yang akan menampilkan feed website kamu, cukup klik Continue.

add feed di follow it pengganti feedburner

3. Mendesain form email untuk subscriber

Form online akan memudahkan pengunjung untuk memasukkan email mereka dan berlangganan ke blog kita. Kalian bisa menggunakan kode formulir yang telah disediakan oleh follow.it. Kalian juga dapat mendesain formulir kalian sendiri dengan menggunakan kode HTML custom. Setelah kamu puas dengan tampilannya, klik Continue. Harap dicatat bahwa kalian bisa mengubah tampilan formulir kapan saja.

desain form email follow it pengganti feedburner

4. Menempatkan formulir email ke blog

Setelah selesai mendesain formulir, follow.it akan memberi kode yang akan kalian gunakan di blog. Copy dan pase kode tersebut ke situs web kalian. Caranya, masuk ke dasbor Blogger, lalu pilih Layout. Kemudian klik Add Gadget. Pilih gadget tipe HTML/Javascript dan paste kodenya. Kamu bisa mengkosongkan judunya. Selanjutnya pilih Save. Kamu bisa menyesuaikan penempatan gadget dari Layout Blogger.

widget html/javasript untuk follow it

 5. Menempatkan ikon dan link Follow (opsional)

Selain formulir subscribe email, follow.it juga memberi fitur ikon dan link Follow yang dapat ditempatkan di mana saja di dalam artikel. Follower kalian juga akan diberikan pemberitahuan ketika mereka mengklik ikon atau link tersebut. Selanjutnya, follow.it juga akan memberi opsi pemberitahuan pop-up, tetapi kamu bisa mengabaikannya fungsi ini karena cenderung intrusive. 

follow icon dan link pengganti feedburner

 6. Hubungkan blog ke akun follow.it

Langkah ini sangat penting untuk memastikan formulir subscribe dan ikon Follow berfungsi dengan benar. Pada dasarnya, step ini adalah metode untuk mengklaim dan mengaktifkan fungsi penuh akun follow.it kalian.

Kalian akan diminta untuk memasukkan alamat email untuk menerima kode aktivasi, lalu pilih Mulai. Kemudian, masuk ke dashboard Blogger, pilih Theme dan Edit HTML. Letakkan kode yang telah diterima melalui email di bawah tag <head>. Kemudian klik Save. Langkah ini mirip dengan metode aktivasi AdSense.

cara memasukan code follow.it di blogger

Setelah itu, kembali ke email tempat kode berada, dan klik link aktivasi.

code aktifasi claim follow.it

 7. Implementasi follow.it berhasil di Blogger! 

Setelah menyelesaikan semua langkah, feed kalian telah terklaim dengan sukses. Sekarang situs web akan terdaftar di dasbor follow.it. Kalian bisa mulai mengelola para subscriber! 

klaim dan aktivasi akun follow it berhasil

Cobalah subscribe ke situs web kalian sendiri. Jika semuanya diterapkan dengan benar, email kalian akan muncul di daftar pengikut follow.it.  

Jangan lupa untuk memigrasikan daftar pengikutdari Feedburner ke akun follow.it menggunakan fitur impor. Pembaca setia kalian bisa mendapatkan email notifikasi seperti sebelumnya!