Mengenal Jonathan Sang Kura-kura: Binatang Darat Tertua Di Dunia

Jonathan adalah kura-kura raksasa Seychelles yang saat ini berumur 189 tahun dan merupakan hewan darat tertua di dunia!

Kura-kura darat, dalam bahasa inggris disebut sebagai tortoise, merupakan makhluk hidup yang dikenal memiliki umur  yang sangat panjang. Umurnya bahkan mampu melebihi satu abad. Mari kita mengenal lebih dekat dengan kura-kura bernama Jonathan yang merupakan makhluk hidup tertua di dunia!

Jonathan menetas pada tahun 1832. Hewan ini tergolong kedalam jenis kura-kura raksasa Seychelles. Kura-kura ini bernama latin Aldabrachelys gigantea dan tersamsuk kedalam subspesies hololissa.

Jonathan sang kura kura tertua
Foto Jonathan pada tahun 2016.

Jonathan  merupakan hewan darat tertua yang saat ini diketahui benar-benar masih hidup. Kura-kura raksasa ini tinggal di pulau Saint Helena, wilayah seberang Laut Inggris di Samudra Atlantik Selatan. Jonathan akan merayakan ulang tahunnya yang ke-190 pada tahun 2022 nanti.

Kehidupan Jonathan Sang Kura-Kura Tertua

Jonathan dibawa ke Saint Helena bersama dengan tiga kura-kura lainnya dari habitat aslinya di Seychelles, daerah kepulauan yang terletak di Samudera Hindia, pada tahun 1882. Saat diambil, mereka diperkirakan telah berusia sekitar 50 tahun. 

Jonathan dinamai pada tahun 1930-an oleh Gubernur Saint Helena, Sir Spencer Davis. Kura-kura ini kemudian tinggal di lahan Plantation House, kediaman resmi gubernur, dan dirawat oleh pemerintah Saint Helena.

Perkiraan usia Jonathan  didasarkan pada fakta bahwa dia telah tumbuh 'dewasa sepenuhnya' ketika dibawa ke Saint Helena pada tahun 1882'. Kura-kura raksasa tumbuh dewasa secara penuh ketika mereka berusia minimal 50 tahun. Oleh sebab itu, Jonathan diperkirakan menetas paling lambat pada tahun 1832.

jonathan sang kura-kura raksasa tertua di dunia
Foto Jonathan sang kura-kura raksasa (kiri) yang diambil pada tahun 1886.

Selain itu, umur Jonathan juga dapat diperkirakan melalui sebuah foto yang diambil pada tahun 1886. Foto ini menunjukkan bahwa Jonathan telah tinggal selama empat tahun di Saint Helena. Berdasarkan ukuran tubuhnya, foto tersebut menjadi bukti pendukung bahwa Jonathan memang benar-benar sudah dewasa pada tahun 1886.

Jadi, estimasi umur Jonathan bisa dibilang cukup akurat. 

Pemegang rekor terverifikasi sepanjang masa untuk kura-kura tertua di dunia, menurut Guinness World Records, adalah Tu'i Malila, yang meninggal di Tonga pada tahun 1966 pada usia 189 tahun. Adwaita, seekor kura-kura raksasa Aldabra yang mati pada tahun 2006 di Alipore Kebun Binatang Kolkata, India, diyakini telah hidup hingga usia 255 tahun, tetapi hal ini belum dikonfirmasi.

Karena kedua kura-kura tersebut telah meninggal, Jonathan saat ini menjadi binatang darat tertua di dunia yang masih hidup.

Pada bulan Februari 2014, sebagai bagian dari event Queen's Baton Relay menjelang Commonwealth Games 2014, tongkat estafet sempat dibawa melalui Saint Helena. Gubernur Mark Capes, sambil memegang tongkat estafet, sempat berfoto bersama Jonathan di halaman Plantation House.

Radio BBC menampilkan Jonathan dalam sebuah episode From Our Own Correspondent pada Maret 2014 setelah pendayung laut Sally Kettle asal Inggris mengunjungi Saint Helena.

Jonathan menjadi ikon dan identitas nasional Saint Helena. Pemerintah setempat bahkan mendesain koin 5 pence dengan gambar Jonathan.

Jonathan memiliki pasangan dekat bernama Frederik. Kedua kura-kura raksasa ini sangat akrab. Bahkan ketika Frederik menjalani pemeriksaan, Jonathan datang dan tidak meninggalkan sisinya selama proses tersebut berlangsung.

Pada Desember 2015, Jonathan dilaporkan masih hidup dan sehat. Dia buta karena katarak dan kehilangan indra penciumannya. Akibatnya kura-kura ini tidak bisa mendeteksi makanan jika tidak dibantu. Tetapi Jonathan masih memiliki pendengaran yang sangat baik. 

Pada Januari 2016, BBC melaporkan bahwa Jonathan diberi menu makanan baru yang dimaksudkan untuk membuatnya tetap sehat dan memperpanjang hidupnya. Karena usianya yang sudah lanjut, Jonathan menghabiskan hari-harinya melakukan hampir semua hal bersama pasangannya, termasuk makan dan tidur.

Perlu diketahui juga bahwa Jonathan tergolong kedalam jenis kura-kura darat.