Cara Menambahkan Domain Blogspot ke AdSense Melalui Blogger Baru

Update terbaru cara menambahkan domain blogspot ke akun adsense tanpa menunggu kualifikasi. Tab Pendapatan Blogger diupdate!
Kabar gembira bagi kalian yang telah memiliki akun AdSense! Sekarang kalian bisa menambahkan domain blogspot gratisan langsung ke AdSense tanpa harus menunggu blog menjadi qualified/terkualifikasi terlebih dahulu.

Blogger sedang melakukan update besar-besaran saat ini. Blogger tidak hanya memperbaiki user interface, tetapi juga memperbarui fungsi tab Earnings/Pendapatan. Fitur ini memungkinkan pengguna Blogger untuk memonetisasi domain blogspot dengan AdSense.

Blogger Tampilan Lama


Sebelumnya, kita tidak diizinkan untuk menambahkan domain blogspot secara langsung ke akun AdSense. Dulu, kita harus menunggu tombol "Sign Up" muncul di tab Earnings telebih dahulu agar bisa menambahkan domain blogspot ke AdSense.

Hanya blog yang memenuhi syarat tertentu dan terkualifikasi akan menampilkan tombol tersebut di interface Earnings yang jadul.

Blogger Baru


Sekarang, jika kalian sudah memiliki akun AdSense, tab Earnings yang baru akan menampilkan tombol "CONNECT ADSENSE". Tombol baru ini berguna untuk menghubungkan blogspot ke akun AdSense.

daftar adsense terbaru dengan blogspot 2020

Blogspot yang baru saja dibuat juga akan menampilkan tombol tersebut jika akun Blogger dan AdSense menggunakan email yang sama. Selain itu, kalian sekarang juga diperbolehkan untuk menambah domain blogspot secara langsung  melalui fitur Add Site jika akun AdSense telah diaktifkan

Kalian bisa memiliki satu akun AdSense yang aktif  dan kemudian menghubungkan puluhan situs berdomain blogspot tanpa haru menunggu lama!

Cara Menambahkan dan Menghubungkan Situs Blogspot ke AdSense Melalui Interface Baru


Pastikan akun Blogger dan AdSense kalian menggunakan email yang sama. Kalau emailnya beda, Blogger tidak akan mendeteksi akun AdSense dan tombol Connect AdSense mungkin tidak akan muncul.

Untuk menambah dan menghubungkan beberapa situs blogspot ke AdSense, lakukan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Tambahkan domain blogspot ke Akun AdSense

  • Buka akun AdSense. Pilih Site (Situs), lalu klik Add Site (Tambahkan Situs) di pojok kanan atas.
  • Masukkan url blogspot kemudia klik Next.
  • AdSense akan memberi tahu kalian kalau Blogger akan segera terhubung. Kemudian klik Submit.
The host of https://yourblogname.blogspot.com/ will connect your site to AdSense. You can start showing ads after your site is connected.

AdSense Add site blogspot 2020

Kemudian, AdSense akan memberi tahu kalian kalau mereka sedang "Mempersiapkan situs Anda untuk menampilkan iklan". Situs blogspot yang telah disubmit akan segera ditinjau oleh AdSense. Kalian akan menerima email yang memberitahukan jika situs tersebut telah ditolak atau diterima.

Langkah 2: Hubungkan domain blogspot ke AdSense

  • Buka tab Earnings di akun Blogger.
  • Tekan tombol CONNECT ADSENSE.
  • Tab Penghasilan akan menampilkan informasi bahwa blog kalian sekarang telah terhubung tetapi masih dalam peninjauan.
Your AdSense account is connected, but AdSense is reviewing your blog to make sure it's ready to show ads. Review can be as quick as a day, but for some publishers it can take several weeks.

koneksi AdSense dan Blogger di Tab Penghasilan

Jika kalian melakukan langkah 2 terlebih dahulu, Blogger akan menampilkan pemberitahuan yang mengatakan bahwa AdSense tidak bisa mendeteksi blog. Pemberitahuan tersebut akan hilang setelah kalian menyelesaikan langkah 1.

AdSense doesn't know about your blog. There is an issue with your blog's details in AdSense. Please go to AdSense and make sure your blog's domain name (yourblogname.blogspot.com) is listed as a site.

Biasanya, kalian akan diminta untuk memasukan kode AdSense kedalam dalam tema Blogger melalui Edit HTML. Kalian bisa menemukan kode tersebut melalui Ads > Overview > Get Code. Masukkan kode AdSense dibawah tag <head>. Perlu kalian tahu, kode ini juga digunakan untuk mengaktifkan auto ads.

Saat artikel ini sedang ditulis, AdSense maupun Blogger belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai update pendaftaran AdSense dengan domain blogspot. Penulis menduga kalau Blogger akan memperbarui tutorial yang official setelah update interface selesai dilakukan nanti di akhir Agustus.

Apakah kalian kehabisan ide untuk artikel baru? Coba Google Question Hub for Blogger untuk memperkaya konten blog!

Apa Yang Kita Ketahui Sejauh Ini Tentang Update Tab Earnings Blogger


Sekarang, tab Penghasilan Blogger bisa mendeteksi kalau kalian sudah memiliki akun AdSense jika email yang digunakan sama. Antarmuka (interface) Penghasilan/Earnings baru juga akan menampilkan status approval blogspot secara lebih detail.

AdSense juga memperbolehkan kita untuk menambahkan domain blogspot secara langsung meskipun blog baru saja dibuat. Hal ini merupakan berita baik bagi kita yang sudah memiliki akun AdSense aktif.

Kalian bisa menghubungkan ratusan situs blogspot ke AdSense dengan lebih mudah dan cepat. Goodbye custom domain!


Sebelumnya, AdSense hanya mengizinkan situs web blogspot yang terkualifikasi. Tidak jelas mengapa AdSense sekarang memperbolehkan pengguna untuk menambahkan blogspot tanpa syarat. Hal ini berpotensi meningkatkan jumlah web spam berdomain blogspot.

Bisakah kita mendaftar AdSense dengan URL Blogspot melalui tab Earnings baru?


Bagi kalian yang belum pernah memiliki akun AdSense, tab Penghasilan Blogger masih akan menampilkan informasi yang menyatakan kalau blog harus terkualifikasi terlebih dahulu.

menunggu akun blogger terkualifikasi untuk menggunakan adsense

Setelah terkualifikasi, kemungkinan tombol Connect AdSense akan muncul, kemudian kalian harus melakukan registrasi melalu website utama AdSense dengan menggunakan domain blogspot. Namun penulis masih belum bisa mengkonfirmasi informasi ini.

Jadi kalau kalian ingin melakukan aktivasi akun AdSense dengan domain blogspot, mungkin kalian harus menunggu hinga Agustus untuk memperoleh informasi yang lebih akurat.

Stay tune to Omu!