Cara Menggunakan Google Question Hub Untuk Meningkatkan Rangking Blogger

Google Question Hub merupakan sarana yang bisa digunakan oleh para Blogger Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan rangking blog.

Faktor relevansi dan keunikan artikel merupakan kunci agar situs Blogger bisa mendapatkan rangking yang tinggi. 

Semakin unik dan relevan artikel yang ditulis, semakin besar pula kesempatan blog kita untuk muncul di laman pertama hasil pencarian Google.

Tahukah kamu kalau 75% pengguna Google menggunakan website yang mereka temukan di laman pertama? Survey tersebut dilakukan oleh Moz pada tahun 2019.

Artinya, jika artikel yang kalian buat muncul di laman pertama, blog kalian pasti akan mendapatkan pengunjung yang banyak. Sedangkan jika artikel kalian muncul di laman kedua, ketiga, dan seterusnya, hanya 25% pengguna Google yang mungkin akan mengujungi blog kalian.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita para bloggers untuk membuat artikel yang berkualitas. 

Untuk menulis sebuah artikel Blogger yang relevan dan unik, kalian bisa mencari inspirasi melalui Google Question Hub. 

 

Google Question Hub Bisa Meningkatkan Relevansi dan Keunikan Blog

Pernahkah kalian mencoba mencari sesuatu di Google namun tidak ada hasil pencarian yang relevan? Google bukanlah Tuhan yang Maha Tahu. Penelusuran yang kita lakukan di Google kadang tidak membuahkan hasil.

Question Hub merupakan produk buatan Google yang mampu menampung pertanyaan yang jawabanya belum ada di hasil pencarian.

Kita bisa mengakses kumpulan pertanyaan yang jawabanya belum ada di Google melalui Question Hub. Kemudian kita bisa menulis artikel blog yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Ketika pertanyaan tersebut dicari lagi di Google oleh orang lain, blog kita bisa muncul di laman pertama karena artikel yang telah kita tulis memuat informasi spesifik yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan Question Hub, kita bisa membuat artikel yang bisa menjawab pertanyaan para pengguna Google. Artikel tersebut akan memuat informasi relevan yang dibutuhkan oleh para pengguna Google.

Biar tidak bingung, perhatikan urutan cara kerja Google Question Hub:

  1. Pengguna A mencari informasi tentang X, namun hasil penelusuran Google tidak ada yang relevan.
  2. Pertanyaan tentang X kemudian masuk ke database Google Question Hub
  3. Kamu mengakses Google Question Hub dan menemukan pertanyaan tentang X.
  4. Kamu membuat sebuah artikel blog yang memuat informasi tentang X.
  5. Pengguna B, C, dan D juga mencari informasi tentang X.
  6. Artikel blog tentang X yang telah kamu tulis muncul di laman penelusuran pertama dan pengguna B, C, dan D akan mengunjungi artikel tersebut.

Artikel yang ditulis berdasarkan pada pertanyaan di Google Question Hub memiliki tingkat keunikan yang tinggi. 

Artikel yang kamu tulis tersebut bisa jadi merupakan satu-satunya sumber yang mampu menjawab pertanyaan para pengguna Google! Belum ada website lain yang menjawab pertanyaan tersebut selain kamu.

Google Question Hub telah diluncurkan pada tahun 2019 dan saat ini hanya tersedia di Indonesia, India, dan Nigeria. Jadi para bloggers asal Indonesia sangat beruntung bisa mencoba produk ini!


Cara Menggunakan Google Question Hub di Blogger


Step 1: Pastikan blog kamu sudah terdafar di Google Search Console.

Google Search Console bisa kamu gunakan untuk mengindeks postingan blog agar muncul di laman penelusuran Google. Question Hub nantinya akan menggunakan data dari Search Console untuk menilai performa artikel. 

Google Search Console Blogger 
 

Step 2: Daftarkan blog di Google Question Hub

Kunjungi https://questionhub.google.com untuk memasukan blog yang kalian miliki. Kemudian kalian akan diminta untuk memilih negara dan bahasa pertanyaan.

Negara yang kalian pilih akan menentukan pertanyaan yang  muncul di Question Hub. Jika kalian memilih India misalnya, maka pertanyaan yang muncul bersumber dari pengguna Google di India. Pengaturan ini bisa diubah setiap saat nanti setelah kalian selesai melakukan pendaftaran.

daftar question hub blogger 
 

Step 3: Menambahkan Pertanyaan Berdasarkan Topik 

Setelah kalian menyelesaikan pendaftaran, klik tombol Add Question (Tambahkan Pertanyaan) di bagian kiri atas. Kalian bisa mencari topik spesifik atau memilih topik yang sudah disediakan. Kemudian tekan tombol Tambahkan di samping kanan topik. Kalian bisa memilih lebih dari satu topik!

Topik Pertanyaan Question Hub 
 

Step 4: Memilih dan Menjawab Pertanyaan

Di beranda awal Question Hub, kalian akan menemukan kumpulan pertanyaan yang telah kalian tambahkan. Cari pertanyaan yang menarik dan bisa kalian jawab. Kemudian tulislah jawaban dari pertanyaan tersebut dalam bentuk artikel blog. 

Kemudian klik Jawab dan masukan URL atau link artikel blog yang telah ditulis. Setelah itu klik Kirim. Jika kalian menemukan pertanyaan mirip, kalian bisa menjawabnya dengan artikel yang sama.

Kalian bisa juga menandai pertanyaan yang ingin kalian jawab dengan memberikan bintang. Jika pertanyaan yang muncul tidak bisa kalian jawab, atau tidak menarik, kalian bisa menekan tombol Tolak.

mengirim jawaban Google Question Hub

Step 5: Melihat Performa Artikel

Kalian bisa melihat jumlah artikel yang telah  dikirim dan jumlah klik. Jika sebuah artikel bisa menjawab beberapa pertanyaan yang mirip, artikel tersebut biasanya akan mendapatkan jumlah tayangan penelusuran dan klik penelusuran yang tinggi.

Oleh karena itu, pilihlah pertanyaan yang sering muncul di Google Question Hub. Hal tersebut merupakan indikasi kuat bahwa banyak orang yang mencari jawaban, namun belum ada website yang memuat informasi relevan. Kesenjang tersebut bisa kalian manfaatkan!

Performa Google Question Hub

Google Question Hub merupakan sarana yang sangat menguntungkan bagi para Blogger Indonesia. Manfaatkan Question Hub untuk membuat konten yang relevan dan unik. 

Google Question bisa menjadi alternative dari Keyword Researching. Kita bisa membuat artikel yang lebih informatif untuk para pengguna tanpa perlu menebak ekspektasi mereka!

Baca Juga: Cara Menambahkan Domain Blogspot ke AdSense Tanpa Menunggu Kualifikasi