Mengevaluasi Kualitas Artikel Agar Situs Blogger Tak Sepi Pengunjung

Lakukan evaluasi kualitas artikel berdasarkan algoritma Google dan pedoman Google Discover agar situs Blogger tidak sepi pengunjung!

Kenapa situs Blogger sepi pengunjung? Lakukan evaluasi kualitas artikel agar pengguna betah  membaca tulisan blog kalian!

Google menggunakan algoritma yang sangat kompleks untuk menentukan rangking website. Namun, faktor terpenting yang perlu diperhatikan oleh para pemilik situs Blogger adalah kualitas artikel.

Pada umumnya, situ blog sepi pengunjung karena artikel yang diterbitkan berkualitas buruk.

fluktuasi rangking blogger

Mungkin kalian akrab dengan yang namanya Search Engine Optimization (SEO). Perlu kalian ketahui bahwa optimisasi hanya akan berhasil dilakukan jika artikel memiliki kualitas yang baik.

Artikel yang ditulis dengan memperhatikan kaidah SEO memang akan lebih disukai oleh mesin pencarian. Namun, jangan lupa bahwa artikel kalian nanti juga akan dibaca oleh manusia. 

Jika artikel yang kalian tulis jelek, SEO tidak akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung blog.

Pada dasarnya, kita membuat blog karena kita ingin berbagi informasi melalui tulisan. Dengan kata lain, produk utama sebuah blog adalah artikel.

Oleh karena itu, sebelum kita melakukan optimisasi, ada baiknya kita mengevaluasi kualitas artikel terlebih dahulu.

Artikel yang berkualitas tinggi juga akan membantu kalian untuk memperoleh persetujuan AdSense. Website yang memiliki kualitas artikel yang rendah tidak akan diterima oleh AdSense. Jika kalian sering ditolak oleh AdSense, coba lakukan evaluasi kualitas artikel!

 

Evaluasi Kualitas Artikel Berdasarkan Algoritma Google

Google semakin mengedepankan kualitas konten sebagai faktor utama dalam menentukan rangking. Berdasarkan update algoritma Google dan pedoman Google Discover, kita bisa mengevaluasi apakah artikel yang kita tulis memiliki kualitas yang tinggi.

Jawab pertanyaan berikut ini untuk mengevaluasi tulisan kalian sendiri!

 

Evaluasi Kualitas Tulisan

 

Apakah tulisan Anda mengandung informasi yang original?

Tulisan blog Anda tidak boleh melanggar hak cipta orang lain. Jangan menyalin atau menjiplak konten orang lain tanpa memberikan nilai tambahan pada sumber aslinya. Coba gunakan Google Question Hub untuk mencari ide baru yang orisinal. Berusahalah untuk menjadi unik!

 

Apakah tulisan Anda menguraikan topik atau kata kunci secara lengkap?

Mengetahui topik atau kata kunci yang unik saja tidak cukup. Anda perlu mengubah kata kunci tersebut menjadi artikel yang lengkap. Anda perlu menjelaskan kata kunci yang telah Anda pilih secara mendetail. Jangan hanya mengulang-ulang kata kunci (keyword stuffing).

 

Apakah tulisan Anda berisi analisis yang mendalam dan mengandung informasi menarik?

Jangan hanya menyajikan informasi yang sudah umum diketahui. Anda harus berbeda dari situs web lain dengan cara menulis artikel yang mendetail. 

Coba Google keyword artikel Anda. Jika hasilnya jutaan, maka artikel tersebut tidak unik.

Misalnya, Anda ingin menulis artikel tentang resensi buku. Anda perlu memberikan analisis mendalam tentang buku tersebut, tidak hanya mendeskripsikan plot dan karakternya.

Anda mungkin perlu melakukan analisis komparatif dengan membandingkannya dengan buku lain. Anda juga perlu menjelaskan seberapa relevan buku tersebut di masa sekarang.

 

Apakah artikel Anda hanyalah sebuah tulisan ulang dari satu sumber?

Jangan hanya mengandalkan satu sumber saja ketika menulis sebuah artikel. Perkaya nilai informasi artikel dengan memanfaatkan berbagai sumber. Anda juga perlu menulis ulang informasi sumber dengan cara Anda sendiri agar dapat memberikan nilai orisinalitas. Perluas ide sumber!

Jangan gunakan alat untuk memutar kalimat (spinner).

Misalnya, Anda ingin menulis sebuah artikel terkait tentang ekspansi perbatasan agresif China terhadap Natuna. Anda  harus mencari informasi dari berbagai outlet berita dan opini para pakar. Tulis ulang informasi yang telah kalian kumpulkan dan susun lah sebuah artikel baru yang berbeda dari sumber asalnya.

 

Apakah artikel Anda memiliki judul atau headline yang bagus?

Judul yang bagus akan menarik calon pengunjung untuk mengklik website Anda. Judul Anda harus deskriptif dan meringkas isi artikel. Tidak terlalu panjang, tetapi jangan terlalu pendek. Menurut Moz, Google hanya menampilkan 50-60 karakter pertama dari judul Anda.

Hindari penggunaan clickbait yang terlalu berlebihan. Saat ini, pembaca cenderung mengabaikan clickbait. Misalnya, pengguna Reddit (salah satu agregator konten terpopuler di dunia) sering menilai artikel berdasarkan judul. Mereka hanya akan memberi upvote dan mengunjungi situs web dengan judul yang bagus.

Berkreasilah dengan judul Anda. Hindari penggunaan judul listicle, seperti "Top 10". Sudah terlalu banyak situs web yang sudah menggunakan jenis judul tersebut. Persaingannya akan terlalu ketat. Anda mungkin tidak dapat memiliki peluang untuk mendapatkan peringkat teratas jika menggunakan listicle.

 

Apakah artikel Anda cukup bagus untuk direkomendasikan kepada orang lain?

Cobalah baca artikel yang telah Anda tulis. Jika Anda merasa puas setelah membaca artikel anda sendiri, artinya artikel tersebut cukup bagus. Apakah artikel tersebut cukup baik untuk dicetak di majalah atau di koran? Apakah artikel Anda cukup bagus untuk dijadikan sebagai bahan referensi Wikipedia atau tugas kuliah?

 

Evaluasi Keahlian

 

Apakah artikel Anda bisa dipercaya?

Anda perlu mencantumkan sumber yang jelas untuk mendukung validitas artikel Anda. Gunakan tautan (link) internal dan external yang mengarah ke sumber asli.

Cantumkan juga informasi yang jelas tentang blog dan penulis artikel. Itulah mengapa Anda perlu memberikan informasi mengenai latar belakang Anda di halaman About Us, Contacts atau halaman profil Penulis.

 

Apakah artikel Anda ditulis oleh pakar atau seseorang yang benar-benar memahami topiknya?

Jangan menulis artikel tentang sesuatu yang tidak Anda ketahui secara pasti. Apakah Anda benar-benar memahami tulisan Anda sendiri? Lakukan riset! Jika Anda tidak tertarik dengan topik tertentu, maka jangan menulis tentang hal it. 

Misalnya, jangan menulis tentang nasihat medis abal-abal, apalagi jika Anda bukan seorang dokter atau perawat. Pastikan tulisan Anda selalu didukung dengan opini pakar dari sumber terpercaya.

 

Apakah tulisan Anda bebas dari kesalahan faktual?

Jangan menyebarkan hoax. Anda harus selalu memverifikasi apakah artikel Anda benar atau menyesatkan. Kesalahan baik sengaja maupun tidak sengaja akan merugikan blog Anda sendiri.


Apakah pembaca bisa menggunakan artikel anda sebagai referensi untuk pengambilan keputusan?

Artikel yang Anda publikasikan akan mempengaruhi kehidupan para pembaca. Mereka mungkin akan menggunakan artikel anda sebagai referensi untuk mengambil keputusan. Misalnya, Anda menulis review tentang sebuah smartphone. 

Anda menulis bahwa smartphone tersebut bagus dan orang harus membelinya. Dapatkah pembaca mempercayai artikel Anda? Apakah Anda berbohong kepada pembaca karena telepon tersebut sebenarnya berkualitas buruk? Anda harus jujur. 

 

Evaluasi Presentasi dan Produksi

 

Sudahkah Anda memeriksa kesalahan ejaan, tata bahasa dan gaya tulisan?

Anda perlu memastikan bahwa artikel ditulis dalam bahasa yang tepat. Jika Anda ingin menulis dalam bahasa Inggris, artikel harus bisa dimengerti oleh native speaker. Blog Anda akan dianggap sebagai spam jika artikelnya mengandung terlalu banyak kesalahan.

Format artikel anda secara rapi agar pengunjung mudah membaca dan mencerna informasi. Gunakan paragraf dan font yang jelas.

 

Apakah Anda sudah berusaha keras dalam menulis?

Anda perlu meluangkan waktu untuk menulis dan jangan terburu-buru. Tulisan yang asal-asalan dipastikan tidak akan muncul di laman pertama Google.

 Jika Anda mempekerjaan orang lain untuk menulis, pastikan bahwa penulis melakukan pekerjaannya dengan benar. Anda harus menjadi seorang editor. Tinjau hasil pekerjaan penulis untuk menjaga kualitas.

 

Apakah artikel Anda mengandung terlalu banyak iklan?

Bagi Anda yang sudah disetujui oleh AdSense, jangan sampai tergoda untuk memasang iklan yang berlebihan. Terlalu banyak iklan akan merusak peringkat situs web Anda. Idealnya, berdasarkan Better Ads Standard, kepadatan iklan tidak boleh lebih dari 30% dari keseluruhan artikel Anda.

 

Apakah artikel Anda mudah dibuka melalui perangkat seluler?

Google memprioritaskan para pengguna seluler. Artikel yang dapat dilihat dari perangkat seluler dengan baik akan memiliki peringkat yang lebih tinggi. Oleh karena itu pastikan tulisan anda terformat dengan rapi. Pilih ukuran dan jenis font yang bisa terbaca degan mudah jika dilihat melalu handphone.

 

Indikator Perbandingan

 

Apakah tulisan Anda lebih bagus dibandingkan situs lain yang membahas topik serupa?

Jangan hanya mengikuti ide orang lain secara mentah-mentah. Anda harus membuat artikel yang lebih baik dibandingkan dengan sumber inspirasi asli. 

Misalnya pesaing Anda menulis tentang tutorial cara membuat blog. Tetapi mereka tidak memberikan gambar. Instruksi mereka juga membingungkan. Anda dapat menulis tentang topik serupa dengan memberikan gambar dan instruksi yang lebih mudah dimengerti.

 

Apakah Anda menulis konten berdasarkan minat pengunjung?

Anda perlu menulis konten berdasarkan kebutuhan pengunjung. Menebak kata kunci atau keyword secara acak bukanlah ide yang bagus. Menulis artikel berdasarkan kata kunci yang mungkin berperingkat tinggi juga tidak cukup.

Anda perlu memastikan bahwa kata kunci tersebut benar-benar digunakan oleh para pengguna. Apakah orang benar-benar menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari artikel yang relevan? 

Anda dapat menganalisis jenis konten apa yang dicari oleh para pengunjung dengan menggunakan data kueri Google Search Console dan Google Trend. Question Hub juga merupakan alat yang bagus untuk mengukur hal apa yang sering dicari pengunjung di Google.

 

Kesimpulan

Menulis artikel dengan kualitas yang baik membutuhkan banyak latihan. Evaluasi yang telah Anda lakukan akan membantu Anda untuk memperbaiki kualitas artikel. 

Ingat, mengetahui kata kunci populer saja tidak cukup. Anda perlu mengubahnya menjadi artikel yang bagus.

Tanyakan pada diri Anda sendiri dan jawab semua pertanyaan di atas dengan jujur. Perbaiki konten berdasarkan jawaban Anda. Selalu konsisten untuk menulis dan pertahankan kualitas artikel agar situs Blogger tidak sepi pengunjung!

Jangan lupa untuk ikuti Instagram OMU di @omudesk. Baca juga: Cara Memilih Custom Domain Terbaik Untuk Blogger.