Cara Memilih Custom Domain Terbaik Untuk Blogger

Memilih top level domain untuk Blogger tidak boleh sembarangan. Kalian harus mempertimbangkan beberapa faktor agar relevansi blog tetap terjaga.
Nama domain atau alamat website sebenarnya bukan faktor utama dalam penentuan peringkat website. Bahkan domain gratisan seperti blogspot pun bisa muncul di halaman pertama hasil penulusuran Google.

Kalau kalian ingin mempunyai blog dengan ranking tinggi, kalian perlu mengisi blog tersebut dengan artikel yang berkualitas. Namun, setidaknya ada tiga keistimewaan yang akan kalian dapatkan ketika blog menggunakan custom domain:
  • Situs web dengan domain blogspot gratisan sering digunakan oleh spammer. Itu sebabnya orang menjadi enggan mengunjungi blog meskipun kontennya bagus.
  • Apabila kalian menggunakan Blogger sebagai official landing page, custom domain wajib dipasang agar website terlihat lebih profesional dan kredibel.
  • Blogger yang memiliki custom domain bisa ditambahkan langsung ke akun adsense. Jadi, kalian bisa mendaftar AdSense lebih cepat. Sementara itu, kalian harus menunggu beberapa bulan agar bisa melakukan monetisasi konten Blogger dengan domain blogspot.
Perlu diketahui bahwa website ini menggunakan Blogger dan custom domain juga, jadi penulis tahu benar akan persoalan ini!

Hal-hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Nama Domain Untuk Blogger


Kalian harus memilih nama domain dengan bijak agar kredibilitas blog tetap terjaga. Nama domain yang buruk akan membuat orang enggan mengeklik link blog kalian. Nama domain yang bagus biasanya pendek, unik, dan mudah diingat.

Beberapa "pakar" blogging menyarankan agar kalian menggunakan kata kunci atau keyword sebagai nama domain agar blog bisa mendapatkan peringkat yang tinggi. Hal ini tidak sepenuhnya benar.

domain blogger custom

Praktek menggunakan keyword domain sebenarnya sudah usang dan bahkan bisa menjadi bumerang. Menurut Search Engine Journal, domain yang mengandung keyword tidak otomatis muncul di ranking teratas ketiga seseorang melakukan pencarian dengan keyword tersebut.

Maksudnya, pengguna internet melakukan pencarian di Google dengan keyword tertentu agar mereka bisa menemukan konten yang relevant. Mereka tidak mencari nama domain tetapi isi atau kontent website.

Jadi, ketika isi website kalian cocok dengan keyword yang digunakan oleh pengguna, maka blog akan muncul di halaman depan walaupun nama domain blog tidak mengandung keyword.

Misalnya, kalian memiliki blog tentang tips dan trik teknologi android terbaru. Jangan memilih nama domain yang hanya berisi kata kunci seperti https://www.tipsdantrikteknologiandroidterbaru.com. Domain ini terlalu panjang, tidak unik atau mudah dilupakan. Ingat, peringkat website sangat tergantung pada relevansi dan kualitas konten.

Nama domain yang terlalu panjang juga sering dikaitkan dengan spam. Orang mungkin akan curiga dengan URL yang terlalu panjang dan mengandung unsur klik bait.

Domain yang panjang mengakibatkan link arikel juga menjadi terlalu panjang. Akbibatnya, pengguna akan mengalami kesulitan ketika mereka perlu mengetik atau membagikan URL. Pilihlah nama domain yang memiliki karakter kurang dari 20 jika memungkinkan.

Menggabungkan Keyword dan Branding Sebagai Nama Domain


Kalian bisa menggunakan nama unik atau merek pribadi saja sebagai nama domain. Kalian juga bisa menggabungkan nama unik dengan keyword.

Misalnya, nama unik yang kamu pilih adalah joko dan kamu menulis tentang tips blogging. Kamu mungkin bisa memilih https://www.jokoblog.com untuk custom domain Blogger. Domain tersebut jauh lebih elegan dan terlihat lebih kredibel.

Jika kalian menggunakan Blogger sebagai landing page bisnis lokal, menggabungkan nama perusahaan dan tempat bisnis bisa membantu meningkatkan peringkat blog di daerah tertentu.

Misalnya, kamu memiliki tempat potong rambut bernama "Max Barber" yang berlokasi di Jogja. Kamu memilih https://www.maxbarberjogja.id sebagai domain website Blogger. Blog kamu akan lebih relevant untuk warga Jogja yang mencari tempat potong rambut.

Selain itu, hindari penggunaan tanda hubung (-) dalam nama domain. Contoh, jangan memilih https://www.example-max.com, cukup gunakan https://www.examplemax.com. Hindari juga digit angka.

Meskipun tanda hubung dan angka numerik dalam nama domain tidak memengaruhi peringkat, dua hal tersebut berpotensi membingungkan pengguna. Misal, user akan lebih mudah mengingat http://jerukdua.com daripada http://jeruk-2.com.

Kalian juga harus menghindari penggunaan nama yang dilindungi oleh hak cipta. Blog kalian akan dicurigai sebagai website palsu atau phishing. Jangan pernah mencoba menyamar sebagai situs official web lain dengan membeli nama domain yang mirip. Contoh, jangan gunakan http://samsunghandphone.com dan berpura-pura menjadi dealer official handphone Samsung.

Domain Tingkat Atas Mana yang Paling Cocok untuk Blogger?


Harga domain tingkat atas (TLD) tidak mahal. Generic Top Level Domain (gTLD) seperti .com hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp130,000 per tahun. Domain tingkat atas dengan kode negara (ccTLD), seperti .id khusus untuk Indonesia juga memiliki kisaran harga yang tidak jauh beda.

Di beberapa negara, ccTLD tingkat kedua bisa jauh lebih murah. Misalnya, domain .my.id seperti yang dipakai di website ini cuma dijual dengan harga Rp12,000 per tahun!

Domain ccTLD .id, .my.id, atau .co.id sangat cocok untuk blog yang target audiens orang Indonesia. Domain tersebut akan membantu kalian untuk mendapatkan rangking lebih tinggi di dalam negeri.

Contoh, website omu.my.id hanya perlu bersaing dengan website dalam negeri lainya. Website ini tidak perlu muncul dihalaman teratas di negara lain. ccTLD domain akan digunakan sebagai sinyal bagi Google kalau website tersebut memang relevant untuk orang Indonesia.

Target Indonesia Google Search Console

Jika kalian memiliki gTLD .com dan ingin menarget audiens Indonesia saja, kalian bisa menggunakan fitur International Targeting di Google Search Console. ccTLD secara otomatis menarget orang Indonesia.

Kalau kalian membuat konten berbahasa Inggris dan ingin menarget audiens secara global, ccTLD mungkin bukan pilihan yang tepat untuk Blogger. Pilih gTLD agar kontent kalian bisa bersaing secara internasional.

Kesimpulanya, ada berbagai  macam domain yang bisa kalian pilih. Namun, .com masih merupakan domain terbaik dan paling dikenal. Atau, pilihah ccTLD terutama jika target audiens blog bersasal dari dalam negeri.

Belilah domain dari perusahaan tepercaya seperti Google Domain, GoDaddy atau penyedia domain dalam negeri lainya. Berhati-hatilah memilih domain dengan harga promo karena kalian mungkin akan dikenakan biaya lebih mahal saat domain tersebut perlu diperbaharui di tahun kedua.

Untuk orang Indonesia, penulis merekomendasikan Rumah Web. Penulis telah menggunakan penyedia domain ini selama lebih dari setahun. Perusahaan ini memiliki layanan pelanggan yang baik.

Haruskah Kalian Mengubah Domain Blogspot menjadi Domain Kustom Sekarang Juga?


Sebelum kalian memutuskan untuk mengubah domain bawaan Blogger, kalian harus mempertimbangkan setidaknya dua poin penting.

Bagaimana kinerja situs web blogspot kalian saat ini?

Jika situs web dengan domain blogspot sudah memiliki kinereja yang baik, tidak ada alasan untuk mengubah domain. Bahkan, mengubah domain dapat menyebabkan penurunan peringkat. Kalau blog kalian masih baru dan belum punya banyak pengujung, pergantian domain tidak akan mempengaruhi performa website secara signifikan. Saat tertepat untuk mengganti domain adalah ketika blog itu masih baru.

Apakah website blogspot kalian sudah bisa dimonetesasi AdSense?

Jika blogspot kalian sudah diterima AdSense, penulis tidak menyarankan kalian untuk mengubah domain blog tersebut. AdSense akan merivew ulang website tersebut jika kalian mengganti nama domain. Jika blog kalian belum memenuhi syarat untuk monetisasi AdSense dan kalian tidak sabar menunggu, gantilah blogspot dengan custom domain.

Keputusan akhir untuk tetap menggunakan blogspot atau domain kustom ada di tangan kalian. Intinya, jangan tergesa-gesa mengubah domain blog. Pertimbangkan dengan matang dan jangan sungkan untuk meminta pendapat dari para ahli.