Apakah AdSense Memiliki Pengaruh Terhadap Peringkat Website Berbasis Blogger?

Staff Ahli Google John Muller menjawab pertanyaan Admin OMU.my.id mengenai efek penggunaan Adsense terhadap peringkat blog.

Google secara eksplisit telah menyatakan bahwa AdSense tidak akan mempengaruhi posisi website Anda di halaman hasil pencarian.

Artinya, situs berbasis Blogger pun tidak akan dikenai sanksi oleh Google meskipun Anda menampilkan iklan AdSense di situs tersebut.

Iklan AdSense tidak akan dihitung sebagai bagian dari konten blog Anda. Kode iklan AdSense tidak akan mengganggu kemampuan Googlebot untuk merayapi situs web.

Google menggunakan algoritma PageRank untuk menentukan posisi situ web di laman hasil pencarian. Teknologi ini tidak terpengaruh oleh kode iklan AdSense. 

Oleh karena itu, peringkat blog tidak dipengaruhi oleh AdSense.

Hal ini senada dengan apa yang diungkapkan oleh salah satu staff ahli Google.  

Admin berkesempatan untuk bertanya langsung kepada John Muller, Senior Webmaster Trends Analyst di Google, melalui Twitter mengenai AdSense dan pengaruhnya terhadap ranking, dan inilah jawabannya:

John Muller menjawab pertanyaan Admin OMU.my.id tentang pengaruh AdSense terhadap ranking

John Muller secara eksplisit menegaskan bahwa AdSense bukanlah faktor yang menentukan peringkat situs di Google. 

Jadi jika Anda ingin memonetisasi situs Blogger Anda, jangan ragu untuk menggunakan AdSense!

Baca Juga: Cara Agar Postingan Blog Muncul di Google


Skor Page Speed Insight Rendah dan AdSense

Perlu diketahui bahwa  AdSense akan menurunkan skor Page Speed Insight secara drastis. Skor kecepatan diturunkan karena alat tersebut juga mengukur kecepatan loading iklan.

Iklan AdSense datang dalam berbagai bentuk termasuk iklan gambar dan video. Elemen-elemen iklan AdSense tidak disimpan langsung di dalam blog Anda.

Dengan kata lain, iklan AdSense diambil dari sumber eksternal. Mereka tidak disimpan bersama dengan konten (artikel) situs. Akibatnya iklan dimuat dengan kecepatan yang berbeda. Dengan demikian, skor kecepatan halaman blog Anda menjadi berkurang.

Banyak blogger pemula yang mengira bahwa mengaktifkan AdSense akan menurunkan peringkat situs web mereka. Kesalahpahaman ini berasal dari kesalahan interpretasi skor Page Speed ​​Insight.

Blogger pemula hanya memeriksa skor kecepatan beranda/homepage dan mengabaikan halaman postingan. Perlu Anda ketahui bahwa setiap halaman/postingan di sebuah blog akan memiliki speed score yang berbeda-beda!

Beranda blog Anda mungkin memiliki skor di bawah 50. Namun tidak berarti bahwa seluruh situs web Anda memiliki kecepatan yang buruk.

Selama konten utama Anda bisa dimuat dengan cepat, tidak masalah jika iklan membuat speed score menjadi rendah. Yang penting konten Anda, teks dan gambar, memiliki loading time kilat!

page speed insight score omu.my.id

Beberapa postingan Anda mungkin akan memiliki skor yang rendah, sementara postingan Anda yang lain mungkin memiliki skor lebih baik. 

Page Speed ​​Insight bertujuan untuk membantu Anda mengoptimalkan halaman dengan speed skor rendah, bukan sebagai acuan ranking sebuah blog.

Sebuah situs web dengan skor Page Speed Insight yang rendah bisa menduduki peringkat teratas jika sebagian besar konten utama situs tersebut memang bisa dimuat dengan cepat di dunia nyata. 

Seperti yang sudah Admin nyatakan , Google menggunakan algoritma yang rumit dan melibatkan berbagai faktor untuk menentukan peringkat situ. Jadi Anda tidak perlu terlalu terobsesi dengan skor Page Speed ​​Insight saja.

Optimalkan lah hal-hal yang bisa Anda kontrol, tidak hanya skor kecepatan halaman tetapi juga kualitas konten Anda.

Baca Juga: Cara Memilih Custom Domain Terbaik Untuk Blogger

 

Core Web Vitals dan AdSense

Core Web Vitals adalah sekumpulan metrik baru yang akan digunakan sebagai sinyal peringkat situs. Pada dasarnya, metrik tersebut akan mengukur seberapa ramah situs web Anda terhadap pengunjung. 

Ada tiga elemen utama yang membentuk Core Web Vitals:

  • First Input Delay (FID), mengukur interaktivitas.
  • Large Contentful Paint (LCP), mengukur elemen terbesar yang dimuat pertama kali.
  • Pergeseran Tata Letak Kumulatif (LCS), mengukur stabilitas visual tema Anda.

Metrik ini akan diterapkan mulai tahun depan sebagai salah satu faktor yang akan menentukan ranking. Oleh karena itu, kalian para blogger bersiap lah untuk menyambut perubahan yang akan datang!

Core Web Vitals memang bisa diestimasi melalui uji Page Speed  ​​Insight. Anda juga dapat melihat status Core Web Vitals blog Anda melalui data Google Search Console.

core web vitals search console omu

Jika Core Web Vitals Anda rendah, Search Console akan menampilkan pesan error yang memberi tahukan bahwa Anda perlu meningkatkan performa situs.

Jadi, jika Search Console menunjukkan kinerja yang buruk sebagai akibat dari penggunaan AdSense, Anda mungkin perlu melakukan optimasi beberapa URL di blog Anda atau memilih tema Blogger yang lebih baik.

 

Apakah penerapan AdSense mengganggu interaktivitas blog Anda?

Menurut pengamatan Admin, beberapa tema Blogger menjadi tidak responsive ketika iklan AdSense diaktifkan. Pengunjung akan kesulitan untuk berinteraksi ketika ingin menggunakan menu navigasi. Untuk itu, Anda perlu memilih tema yang AdSense-friendly.

Agar loading speed halaman menjadi cepat, Anda bisa memanfaatkan lazy-loading untuk gambar dan iklan. Dengan demikian interaktivitas halaman akan bisa menjadi lebih baik.

Untuk menerapkan Lazy Loading gambar pada postingan Blogger sebenarnya sangat simpel. Admin telah menulis artikel tentang lazy-load gambar untuk Blogger, silakan ikuti prosedurnya!

Tema Blogger yang baik harus memiliki desain yang bersih dan tidak menggunakan skrip dari pihak ketiga dalam jumlah yang terlalu banyak. 

Gunakanlah tema yang lebih ringan, seperti Fiksioner dan Textrim, karena mereka pada umumnya memiliki performa Core Web Vitals yang baik. 

 

Apakah AdSense memengaruhi waktu loading elemen terbesar?

Jika hal pertama yang ditampilkan pada postingan blog membutuhkan waktu lama untuk dimuat, performa LCP blog Anda akan menjadi buruk. Berdasarkan pemahaman Admin, iklan AdSesense tidak dihitung sebagai LCP, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Memasukkan gambar dan video di bagian atas posting mungkin bisa berdampak buruk bagi LCP. Hal tersebut disebabkan karena gambar dan video membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dimuat. 

Admin lebih suka menampilakan teks/paragraf di bagian atas agar dimuat terlebih dahulu, kemudian menaruh gambar dan video di bagian tengah postingan.


Apakah AdSense menyebabkan pergeseran tata letak blog?

Tema Blogger yang baik harus mampu mengakomodasi iklan AdSense tanpa merusak elemen visualnya. Jika memasang iklan merusak tampilan blog, maka Anda memiliki tema yang buruk. Apakah memasang iklan mengubah format blog Anda?

Tema Blogger yang baik harus memiliki ruang iklan yang bagus dan tidak mengganggu layout postingan. Pastikan penempatan iklan AdSense tidak mengganggu pengunjung.

 

Saran dari John Muller tentang penggunaaan produk Google

Tweet John Muller Google AdSense dan Blogger

Seperti yang Anda lihat dari balasan Twitter John Muller di atas, kita dapat berasumsi bahwa kombinasi antara AdSense dan Blogger secara default mungkin tidak akan sempurna bagi SEO. Namun hal tersebut bukan berarti buruk. Ada trade-off antara skor kecepatan dan monetisasi.

Kita dapat mengoptimalkan penempatan iklan agar tidak mengganggu kenyamanan penggunjung. Kita juga bisa mengontrol jumlah iklan yang akan ditayangkan dalam sebuah artikel agar pengunjung tidak terganggu.

Jangan terlalu terpaku pada satu metrik saja. Manfaatkan kombinasi berbagai alat dan sarana yang ada untuk mencapai optimisasi. Penerapan yang tepat dan tidak berlebihan adalah dua poin penting saat menggunakan AdSense untuk Blogger!

Baca juga: Cara Menggunakan Google Question Hub Untuk Meningkatkan Rangking Blogger