Cara Membayar Biaya UTBK SNBT 2024 Dengan Menggunakan Aplikasi BRImo!

Simak langkah-langkah pembayaran biaya UTBK SNBT 2024 melalui aplikasi BRImo!
Bayar Biaya UTBK dengan aplikasi BRImo

Pendaftaran UTBK SNBT tahun 2024 akan ditutup pada hari Jumat, 5 April pukul 15.00 WIB! Apakah kamu sudah mendaftar?

Bagi kalian calon mahasiswa yang akan mengikuti seleksi UTBK, segaralah ikuti proses pendaftarannya di portal SNPMB Kemendikbud

Kalian akan dikenakan biaya sebesar Rp200,000 untuk mengikuti UTBK 2024! Untuk membayarnya, kalian boleh menggunakan BRImo! Simak tips berikut ini agar proses pendaftaran UTBK kalian bisa berjalan dengan lancar!

Alur pendaftaran UTBK SNBT 2024

Sebelum kalian bisa melakukan pembayaran, ikuti alur pendaftaran UTBK terlebih dahulu! Alurnya sangat simpel! Cukup ikuti langkah-langkah berikut ini!

  1. Login Portal SNPMB  menggunakan akun SNPMB dan Memilih Menu Pendaftaran UTBK-SNBT.
  2. Melengkapi Biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tunanetra dan/atau hambatan visual (jika ada).
  3. Memilih Program Studi! Kalian bakal diberi maksimal 4 pilihan! Kalian boleh memilih maksimal 2 progam studi S1 impian, 1 program studi vokasi D4, dan 1 program studi D3!
  4. Mengunggah portofolio wajib bagi peserta yang memilih program studi Bidang Seni dan/atau Olahraga.
  5. Memilih Pusat UTBK.
  6. Memperoleh slip pembayaran biaya UTBK bagi peserta non pelamar KIP Kuliah.
  7. Melakukan Pembayaran! 
  8. Mengunduh Kartu Peserta UTBK-SNBT.
  9. Unduh kartu peserta UTBK-SNBT.

Cukup mudah kan? Nah, dalam kesempatan ini kita akan membahas lebih jauh tentang cara membayar UTBK-SNBT 2024 melalui aplikasi BRImo!

BRImo adalah aplikasi mobile banking milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang sangat praktis untuk digunakan. BRI menjadi salah satu bank yang menyediakan fasilitas pembayaran UTBK. Di aplikasi BRImo, ada menu khusus yang bisa kalian gunakan untuk menyelesaikan pembayaran!

Agar pembayaran kalian bisa masuk dengan benar dan proses pendaftaran UTBK bisa berjalan lancar, yuk ikuti tips berikut ini!

Unduh Slip Pembayaran Biaya UTBK 2024

Sebelum kalian melakukan pembayaran biaya UTBK di BRImo, pastikan kalian sudah memiliki slip pembayaran terlebih dahulu!

Setelah kalian memilih program studi dan portofolio (jika diminta) serta memilih tempat ujian UTBK, maka kalian akan mendapat slip pembayaran di portal SNPMB. Slip tersebut bisa kalian unduh dalam bentuk pdf!

Di dalam slip tersebut, kalian akan menemukan kode pembayaran yang unik. Dibawahnya, akan ada tulisan berwarna merah yang menunjukkan deadline kapan kalian harus melakukan pembayaran! Segera bayar sebelum deadline habis agar pendaftaran UTBK sukses.

Selain itu, kalian juga bisa melihat NISN, nama, dan tanggal lahir di slip tersebut.

Perlu kalian ketahui, kalian akan menemukan tanda berwarna merah di portal pendaftaran yang meminta kalian untuk menyelesaikan pembayaran! Setelah pembayaran usai, portal pendaftaran akan berubah menjadi hijau dan kalian bisa mendownload atau mengunduh kartu ujian UTBK 2024.

Cara Membayar UTBK melalui aplikasi BRimo!

Ada 5 bank yang bisa kalian gunakan untuk membayar biaya UTBK!

  • Bank Mandiri: ATM Mandiri dan Livin' by Mandiri
  • Bank BNI: ATM BNI, BNI Mobile Banking, dan BNI Agen46
  • Bank BTN: ATM BTN dan BTN Mobile
  • Bank BRI: BRImo
  • Bank BSI: ATM BSI, BSI Internet Banking, dan BSI Mobile

Cukup pilih salah satu! Bank yang kalian gunakan tidak harus atas nama kalian pribadi. Jadi kalian boleh menggunakan rekening orang tau atau saudara untuk melakukan pembayaran biaya UTBK 2024. Jadi tidak perlu khawatir jika kalian belum memiliki rekening bank sendiri!

Nah dalam kesempatan ini, kita akan mencoba membayar biaya UTBK dengan menggunakan BRImo milik BRI! 

Ikuti langkah-langkah berikut ini biar tidak salah!

1. Login ke aplikasi BRImo!

Login ke aplikasi BRImo

Sekali lagi, kalian boleh menggunakan rekening BRI pribadi, milik orang tua, atau saudara! Pastiakan untuk menjaga kerahasiaan password BRImo ya!

2. Pilih Menu Tagihan di aplikasi BRImo!

Menu tagihan BRImo

Kamu bisa menemukan menu ini di bagian  depan aplikasi BRImo. Jika menu tagihan tidak muncul, bisa klik "Lainnya"! Disitu kalian akan menemukan menu tagihan!

3. Pilih opsi SNPMB di menu tagihan BRImo

Opsi SNPMB di BRImo

Setelah kalian masuk ke dalam menu tagihan, klik opsi SNPMB!

4. Masukan kode pembayaran dan NISN di BRImo

Masukan kode pembayaran dan NISN di BRImo

Di tahap ini, kamu akan diminta untuk memasukan kode pembayaran! Kode ini bisa kamu temui di slip pembayaran UTBK yang telah kamu terima! Kemudian masukan NISN kamu! Pastikan kode pembayaran dan NISN sudah tepat, lalu klik tombol lanjut!

5. Konfirmasi pembayaran tagihan biaya UTBK 2024

Pembayaran UTBK 2024 melalui BRImo

Di step ini, NISN dan nama lengkapmu akan muncul secara otomatis! Pastikan datanya sudah tertera di BRImo dengan benar. Selain itu, kamu akan melihat total pembyaran biaya UTBK 2024 sebesar Rp200.000! Biaya tersebut juga muncul otomatis dari sistem BRImo. Pastikan saldo di BRImo mencukupi.

Jika sudah benar, tekan tombol bayar untuk mengkonfirmasi pembayaran. Lalu masukan PIN BRImo dan tunggu beberapa saat hingga pembayaranmu berhasil! Jika pembayaran berhasil, maka akan muncul bukti pembayaran di BRImo yang bisa kamu download. Simpan bukti pembayaran UTBK jika nanti dibutuhkan.

transaksi pembayaran biaya utbk di BRImo berhasil

Proses pembayaran biaya UTBK 2024 di BRImo selesai! Mudah kan?

6. Unduh Kartu Ujian UTBK 2024

status pembayaran UTBK di portal SNPMB

Setelah pembayaran biaya UTBK di BRImo berhasil, silakan masuk kembali ke portal SNPMB! Status pembayaran di portal akan langsung berubah menjadi hijau dan kamu bisa segera mengunduh kartu ujian UTBK!

Cetak kartu ujian tersebut dan pastikan untuk mengikuti tata tertib ujian! Jangan lupa untuk datang ke tempat ujian UTBK 1 jam sebelum dimulai! Semoga ujian kalian lancar dan bisa diterima di jurusan yang kalian inginkan! Good luck!