Pertama di Dunia! Ilmuwan Jepang Racik Obat Penumbuh Gigi!

Gigi ompong sekarang sudah ada obatnya!
obat penumbuh gigi

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh perusahaan startup farmasi Jepang sedang melakukan riset untuk membuat obat yang dapat merangsang pertumbuhan gigi baru! Jika berhasil, hal ini akan menjadi pencapaian pertama di dunia! Perusahaan ini berambisi untuk memasarkan obat penumbuh gigi tersebut di sekitar tahun 2030.

Toregem Biopharma, yang didanai oleh Universitas Kyoto, diperkirakan akan memulai uji klinis pada orang dewasa sekitar bulan Juli 2024! Uji klinis ini bertujuan untuk mengonfirmasi keamanan obat penumbuh gigi. Sebelumnya, tim peneliti ini berhasil menumbuhkan gigi baru pada tikus pada tahun 2018!

Sebagian besar orang memiliki "kuncup gigi" ketiga yang memiliki potensi untuk menjadi gigi baru, sama seperti gigi bayi dan gigi permanen dewasa.  Namun, kuncup gigi tersebut biasanya tidak berkembang dan kemudian menghilang.

Tim ini sedang menciptakan obat antibodi untuk menghancurkan protein penghambat pertumbuhan kuncup gigi tersebut. Obat ini bekerja pada kuncup-kuncup gigi dan merangsang pertumbuhan kuncup-kuncup tersebut menjadi gigi dewasa baru.

Pada tahun 2018, tim ini juga memberikan obat ini kepada musang, yang memiliki gigi bayi dan gigi permanen seperti manusia. Hasilnya, gigi permanen yang baru berhasil tumbuh!

Tim dari Toregem Biopharma berencana untuk melakukan uji klinis obat penumbuh gigi ini mulai tahun 2025. Targetnya adalah anak-anak usia 2 hingga 6 tahun yang mengidap anodontia, yang lahir tanpa gigi permanen. Anak-anak peserta uji klinis ini akan disuntikkan satu dosis untuk merangsang pertumbuhan gigi!

Dimasa depan, Toregem Biopharma berharap mampu mengembangkan obat ini agar bisa juga digunakan oleh orang dewasa yang kehilangan gigi akibat gigi berlubang.

"Kehilangan gigi pada seorang anak dapat memengaruhi perkembangan tulang rahang mereka," kata Katsu Takahashi, salah satu pendiri Toregem Biopharma dan kepala kedokteran gigi dan bedah mulut di Rumah Sakit Kitano di Osaka.

"Kami berharap obat ini akan menjadi kunci untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut," katanya.

Sumber: Japan Pharma Startup Developing World-first  Drug to Grow New Teeth | Diterjemahkan oleh Shoffan M.